Kebun Binatang Bandung Tutup Hingga Awal April, Demi Antisipasi Penyebaran Virus Corona

- 21 Maret 2020, 08:46 WIB
WISATAWAN berfoto bersama burung koleksi kebun binatang di Bandung Zoo, Jalan Tamansari, Kota Bandung, Kamis 6 Juni 2019. Libur Lebaran hari kedua banyak dimanfaatkan wisatawan untuk mengunjungi objek wisata di kawasan Bandung Raya.*
WISATAWAN berfoto bersama burung koleksi kebun binatang di Bandung Zoo, Jalan Tamansari, Kota Bandung, Kamis 6 Juni 2019. Libur Lebaran hari kedua banyak dimanfaatkan wisatawan untuk mengunjungi objek wisata di kawasan Bandung Raya.* /ADE BAYU INDRA/PR

BANDUNG, (PRFM) - Bandung Zoological Garden (Bazoga) atau Kebun Binatang Bandung resmi menutup kunjungan bagi wisatawan terhitung mulai Sabtu (21/3/2020). Keputusan ini diambil sebagai bentuk partisipasi terhadap imbauan pemerintah untuk mencegah penyebarluasan virus corona.

"Sejak terhitung hari Sabtu (21/3/2020), kami sudah tidak menerima pengunjung lagi. Kami ikuti imbauan pemerintah untuk sama-sama mencegah penyebar luasan virus corona," ujar Marketing Communication Kebun Bazoga, Sulhan Syafi'i saat on air di Radio PRFM.

Kebun binatang, lanjut Sulhan, bagaimanapun juga merupakan tempat yang kerap dipadati oleh pengunjung. Sebelum wabah virus corona merebak, pengunjung di Kebun Binatang Bandung bisa mencapai lima ribu orang dalam sehari.

"Biasanya Sabtu itu 1500 sampai 2000 orang, Minggu 4500 sampai 5000 orang. Kebayangkan, orang berkumpul di suatu tempat artinya potensi untuk saling menularkan itu sangat tinggi."

"Artinya kami ikut imbauan pemerintah agar sama-sama mencegah penyebarluasan virus ini. Jadi partisipasi kebun binatang lah. Semoga ini jadi berkah untuk kita semua," tuturnya.

Meski diakui merugi, Sulhan mengaku hal ini demi menjadi keselamatan semua pihak.

"Meskipun tutup, ya mau gak mau. Rugi, ya rugi. Gapapa lah sekali-kali rugi kali ya. Demi keselamatan. Kita mundur selangkah, untuk maju sepuluh langkah," ucapnya.

Kebun Binatang Bandung dijadwalkan buka kembali pada 4 April 2020 mendatang. Hanya saja, hal tersebut bisa berubah jika situasi sudah dinilai membaik.

"Kalau ada perubahan, kami akan meninjau keputusan ini dan Kebun Binatang Bandung bisa saja buka lebih awal," pungkas Sulhan.***

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x