Terkait Penurunan Spanduk, Polisi Mediasi DKM Masjid Raya dan Forum Komunikasi Siaga Umat

- 20 Maret 2020, 20:31 WIB
PEJALAN kaki melintas di depan spanduk protes penutupan Masjid Raya Bandung Provinsi Jawa Barat yang terpasang di Jalan Asia-Afrika, Kota Bandung, Jumat (20/3/2020). Sebelumnya DKM Masjid Raya Bandung mengeluarkan maklumat nomor : 050/S.M/DKM-MRB/III/2020 dan  berdasarkan hasil rapat pleno pengurus untuk sementara waktu tidak menyelenggarakan sholat Jumat dan sholat wajib berjamaah sebagai upaya mencegah penyebaran virus Corona atau Covid-19.
PEJALAN kaki melintas di depan spanduk protes penutupan Masjid Raya Bandung Provinsi Jawa Barat yang terpasang di Jalan Asia-Afrika, Kota Bandung, Jumat (20/3/2020). Sebelumnya DKM Masjid Raya Bandung mengeluarkan maklumat nomor : 050/S.M/DKM-MRB/III/2020 dan berdasarkan hasil rapat pleno pengurus untuk sementara waktu tidak menyelenggarakan sholat Jumat dan sholat wajib berjamaah sebagai upaya mencegah penyebaran virus Corona atau Covid-19. /ARMIN ABDUL JABBAR/"PR" /

BANDUNG, (PRFM) - Kepolisian Sektor Kota Regol telah melakukan pengamanan dan musyawarah dengan massa dari Forum Komunikasi Siaga Umat.

Dalam video yang tersebar di media sosial, Forum Komunikasi Siaga Umat melakukan penurunan spanduk untuk imbauan sementara tentang maklumat tidak salat di Masjid Raya Bandung guna antisipasi penyebaran virus Corona.

Kapolsekta Regol Komisaris Auliya Djabar menyatakan Polsekta Regol langsung bergerak cepat.

Langkah yang dilakukan adalah dengan memediasi antara pihak Dewan Keluarga Masjid (DKM) Raya Bandung dan Forum Komunikasi Siaga Umat.

"Jadi selain melakukan pengamanan kami memediasi agar ada jalan keluar antara kedua belah pihak. Dicari lah bagaimana win-win solutionnya dan akhirnya kedua pihak sepakat dengan jalan keluar yaitu mengizinkan ibadah salat dilakukan di selasar masjid," kata Auliya saat diwawancarai Pikiran-Rakyat.com pada Jumat (20/3/2020).

Baca Juga: HOAKS: Pesan Berantai Menyebut Sukajadi sebagai Red Zone Virus Corona

Menurut Auliya selama terjadi penurunan ini, pihak kepolisian lakukan monitoring di lokasi. Namun setelah ada mediasi massa akhirnya bisa menerima keputusan tersebut dengan baik.

"Massa membubarkan diri sekira pukul 13.30 WIB, situasi pun kembali aman dan kondusif di lokasi," katanya.

Disinggung maksud dan tujuan kedatangan massa dari Forum Komunikasi Siaga Umat, menurut Auliya di antaranya menolak beberapa kebijakan Masjid Raya Bandung yang menghentikan aktivitas di Masjid.

"Yah semisal majelis ta'lim dan majelis zikir yang sementara dihentikan. Selain itu yang utama adalah maklumat tentang penghentian salat berjamaah di masjid, baik itu larangan salat berjamaah salat fardu dan salat Jumat," katanya.

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x