Disnaker Kota Bandung Bakal Gelar 4 Job Fair Tahun Ini

- 19 Februari 2020, 13:02 WIB
ILUSTRASI lowongan kerja*
ILUSTRASI lowongan kerja* /PRFM

BANDUNG, (PRFM) - Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Bandung berencana menggelar 4 bursa kerja atau job fair. Hal itu diupayakan agar penggangguran di Kota Bandung yang berjumlah 96.625 orang atau 8% terus menurun.

Kepala Disnaker Kota Bandung, Arief Syaifudin menyatakan kendati berjumlah puluhan ribu, pengangguran di Kota Bandung telah melampaui target dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) di tahun 2023 yakni sebanyak 8,2%. Kebanyakan, lanjut Arif, pengangguran tersebut berada pada usia produktif.

"Kalau angka pengangguran sebetulnya kita sudah melewati target RPJMD karena kita di 8% RPJMD di 2023 itu 8,2%, kita sudah 8% yang jumlahnya 96.000 sekian. Kita tetap tidak puas dengan apa yang sudah kami lakukan. Karena kita menghadapi bonus demografi yang justru kita harus menyiapkan strategi lain untuk memecah pengangguran ini. Karena tenaga kerja produktif ini lebih banyak daripada lapangan kerja yang ada," ujarnya saat on air di Radio PRFM 107,5 News Channel, Rabu (19/2/2020).

Baca Juga: Longsor di Cipelah Tidak Sebabkan Korban Jiwa

Sementara itu, Sekretaris Disnaker Kota Bandung, Lusi Lesminingwati mengatakan, pihaknya pun akan melakukan pelatihan dan pemagangan bagi warga Kota Bandung. Lusi menambahkan pelatihan itu akan lebih mengarah pada pelatihan yang berkakter teknologi dan aplikatif.

"Tahun ini kita fokus ke pelatihan, melihat umur 20-30 tahun tersebut. Kita coba pelatihan yang berkarakter teknologi dan aplikatif mengacu pada protap yang ditetapkan Kemnaker (Kementerian Tenga Kerja)," katanya saat memberikan keterangan di Bandung Menjawab di Ruang Media, Balai Kota Bandung, Selasa (18/2/2020).

Baca Juga: Ini 8 Manfaat Memanen dan Mengolah Air Hujan

Di samping itu, mengenai Kartu Prakerja yang dicanangkan Jokowi, Lusi mengatakan, akan meningkatkan standarisasi Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) dalam hal memberikan pelatihan bagi para pencari kerja.

"Jadi kita fasilitasi semua, LPK sebagai mitra Disnaker juga diharapkan dapat meningkatkan kualitas SDM kita. Untuk Kartu Prakerja juga LPK yang akan jadi pelatihnya," ucapnya.

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x