Ini 8 Manfaat Memanen dan Mengolah Air Hujan

- 19 Februari 2020, 10:11 WIB
ILUSTRASI hujan.*
ILUSTRASI hujan.* /DOK. PIXABAY/

BANDUNG, (PRFM) - Pakar Pengembangan Teknologi Tepat Guna, Simon Sanjaya mengatakan sedikitnya ada 8 keunggulan jika warga bisa memanen dan mengolah air hujan. Mengingat musim hujan diperkirakan BMKG akan terjadi hingga April dan puncaknya pada Januari-Februari 2020.

Adapun manfaat pengolahan air hujan dan memanen air hujan antara lain:

  1. Penghematan dan pengelaran uang

Simon mengaku dirinya pernah membayar abudemen sebesar 200 ribu rupiah kepada pengelola kawasannya untuk mendapatkan air. Namun, menurutnya air yang didapat berwarna kekuningan sehingga dirinya memilih untuk membeli air galon seharga 150 ribu rupiah per bulan. Sehingga dirinya memilih untuk memanfaatkan dan mengolah air hujan.

  1. Konservasi air tanah

Pengamat dan pakar sebelumnya telah menyebut pada 2040 pulau Jawa akan kehabisan air tanah karena belakangan ini penyedotan air tanah semakin masif. Bahkan, lanjut Simon, satu perusahaan air minum sehari itu bisa menyedot sebanyak 2.000 kubik air. Belum lagi untuk kegiatan perindusterian dan rumah tangga lain. Dampaknya jika air tanah habis itu akan terjadi penurunan tanah.

Baca Juga: FAGI Jabar Satu Suara dengan KPAI Soal Kekerasan Oknum Guru pada Murid

  1. Air hujan lebih sehat

Diakui Simon, dirinya mengolah sendiri air hujan untuk diminum. Setelah 1 tahun mengkonsumsi air hujan dengan pengolahan yang benar, Simon mengaku dirinya lebih fit.

"Saya cek darah dan urine. Dulu saya kolesterol 220, trigliserida 375. Tapi sekarang angkanya semua normal. Tidak ada satu pun hasil tes itu melebihi normal. Air itu saya tes ke Dinas kesehatan, hasilnya secara mikro biologi 0, bakteri e-coli 0, terus secara kimiawi hasilnya bagus banget lebih bagus dari air kemasan," ujar Simon saat on air di Radio PRFM 107,5 News Channel, Rabu (19/2/2020).

  1. Bisa berbagi

Menurutnya ketika mengolah air hujan pasti akan mendapatkan produksi yang berlebih. Sehingga berpeluang besar untuk dirasakan pula oleh orang lain.

  1. Sampah plastik sedikit

Simon mengatakan ketika banyak orang yang mengolah dan memanfaatkan air hujan maka produksi sampah plastik akan berkurang. Hal itu dikarenakan kebutuhan air hujan sudah memenuhi sebagian besar kebutuhan warga. Sehingga tidak perlu lagi menggunakan air dalam kemasan.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x