Tips Berkendara di Jalan Berkabut Agar Tetap Aman

- 11 November 2020, 15:05 WIB
ILUSTRASI kabut
ILUSTRASI kabut /Pixabay

PRFMNEWS - Saat melakukan perjalanan, terkadang kita akan menemukan kondisi jalan berkelok, bergelombang bahkan berkabut. Apalagi ketika berkendara di malam hari dan melewati daerah pelosok dan pegunungan.

Untuk Anda yang menemukan situasi jalanan berkabut, dikutip dari JDPower, berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan agar tetap berkendara aman dan nyaman di jalan berkabut.

1. Memperlambat Laju Kendaraan
Saat berkendara di jalan berkabur, jarak pandang Anda lebih terbatas, Anda mungkin hanya bisa melihat beberepa meter di depan kendaraan yang dikendarai. Maka itu penting untuk memperhatikan kecepatan berkendara. Untuk mengatur kecepatan, Anda bisa menggunakan speedometer sebagai panduan

2. Gunakan Lampu Depan Sorotan Rendah
Anda mungkin terbiasa mengaktifkan lampu depan dengan sorotan tinggi ketika jarak pandang dibatasi. Padahal saat berkabut seharusnya kita menggunakan lampu depan dengan sorotan rendah. Ini karena lampu depan sorotan tinggi memantulkan kabut kembali ke kendaraan Anda.

Baca Juga: Ini 5 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan Kulit, Bisa Kurangi Stretch Mark Lho

3. Gunakan Lampu Kabut
Jika kendaraan Anda memiliki lampu kabut atau lampu khusus, tak ada salahnya ada memanfaatkan lampu tersebut saat berkendara di jalanan berkabut. Lampu tersebut dapat membantu menerangi jalan dan membuat kendaraan Anda lebih terlihat oleh pengemudi lain.

4. Gunakan Tepi Kanan Jalan Sebagai Panduan
Gunakan garis putih yang dilukis di sisi kanan jalan sebagai panduan. Untuk menghindari lalu lintas yang datang atau berkendara jadi terganggu oleh lampu depan kendaraan lain, jangan gunakan garis di tengah jalan.

5. Jangan Sembarangan Berhenti
Jangan sembarangan berhenti ketika berkendaraa di jalan berkabut. Jika ingin berhenti, carilah tempat yang aman untuk menepi sejauh mungkin dari jalan raya. Tak kalah penting, jangan lupa untuk mematikan lampu kendaraan.

Baca Juga: Begini Rasanya Mengendarai All New Aerox 155 Connected

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x