Persiapan Masuki Dunia Kerja, Lakukan Ini Setelah Wisuda

- 26 Oktober 2020, 18:17 WIB
ILUSTRASI wisuda.*
ILUSTRASI wisuda.* /pixabay



PRFMNEWS - Wisuda adalah kegiatan akhir pada perkuliahan. Dimana para mahasiswa memiliki gelar atas segala dedikasinya saat kuliah. 

Semakin lama seorang mahasiswa menyelesaikan kuliahnya, semakin terlambat pula waktu untuk selesai. Jadi alangkah baiknya kuliah beres tepat waktu atau bahkan lulus lebih awal.

Rata-rata mahasiswa yang terlambat selesai adalah yang aktif mengikuti berbagai organisasi. Mengikuti berbagai kegiatan organisasi juga sangat dianjurkan karena dapat menambah ilmu dan relasi.

Baca Juga: Yana Imbau Warga yang Kurang Sehat Tak Pergi Berlibur

Jadi saat wisuda tiba anda tak hanya mendapat gelar namun juga pengalaman dan memiliki relasi yang kuat. setelah wisuda bukan berarti anda bisa santai-santai, lakukanlah hal berikut agar tidak menjadi pengangguran

Mengikuti WorkShop
Workshop adalah kegiatan berkumpulnya orang-orang yang ahli dalam bidang tertentu untuk membagikan ilmu dan pengalamannya kepada khalayak. Manfaat dari mengikuti workshop anda bisa memperluas relasi dengan banyak orang baik kepada sesama peserta maupun dengan pemateri.

Juga jika anda mengikuti kegiatan Workshop dengan sungguh-sungguh anda akan mendapatkan ilmu dari pemaparan dan pengalaman pemateri. Hal ini dapat dilakukan bagi anda yang tidak terlalu aktif dalam mengikuti kegiatan organisasi dikampus.

Berlatih Membuat CV dan Melakukan Interview
Buatlah CV baru dengan mencantumkan gelar anda, pengalaman organisasi sampai prestasi yang pernah diraih. Juga siapkan foto terbaru anda.

Baca Juga: Agamanya Dihina, Paul Pogba Dikabarkan Mundur dari Timnas Prancis

Setelah menyiapkan CV yang baru, anda bisa berlatih interview. Kedua hal diatas adalah persiapan yang harus anda siapkan sebelum terjun kedunia kerja. Jika sudah siap anda bisa mengambil langkah selanjutnya untuk masuk ke dunia kerja.

Mengikuti Program Magang atau Kerja Paruh Waktu
Jika dirasa kemampuan anda belum cukup, anda bisa magang atau bekerja paruh waktu. Magang atau kerja paruh waktu akan melatih skill anda sedikit demi sedikit. Memang anda akan mendapatkan gaji yang sedikit namun niatkanlah semua yang anda lakukan adalah langkah untuk menjadi yang lebih baik.

Saat magang anda akan merasakan bagaimana dunia kerja. Hal yang tepat yang harus anda lakukan adalah dengan terus berlatih dan rajin dalam mengerjakan pekerjaan yang diperintahkan.

Baca Juga: Kota Depok Satu-satunya Zona Merah, Berikut Ini Update Peta Risiko Penularan Corona di Jabar

Jika anda memiliki skill yang bagus bukan tidak mungkin bahwa perusahaan magang anda akan menjadikan anda menjadi karyawan tetap.

Menjadi Relawan
Jika anda belum diterima diperusahaan yang anda inginkan, anda bisa mencari kegiatan lain yaitu dengan menjadi relawan.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x