Sudah Membaca Buku Hari Ini? Berikut Sejumlah Manfaatnya

- 4 Oktober 2020, 16:48 WIB
Ilustrasi: Cara Ampuh Agar Membaca Buku Jadi Bermanfaat, Tanyakan Ini Pada Dirimu!
Ilustrasi: Cara Ampuh Agar Membaca Buku Jadi Bermanfaat, Tanyakan Ini Pada Dirimu! /Pixabay

PRFMNEWS - Bagi pencinta buku, aktivititas membaca buku adalah hal yang menyenangkan. Bukan tanpa sebab, membaca buku dapat meningkatan pemahaman dan wawasan yang luas bagi seseorang.

Selain itu membaca buku juga dapat memberikan manfaat terhadap kesehatan mental. Dikutip dari Heatline.com, berikut sejumlah manfaat yang dapat dirasakan dari membaca buku.

Baca Juga: Tak Perlu Resah, Pantai Santolo Garut Sudah Dilengkapi Sistem Peringatan Dini Tsunami

1. Meningkatkan konsentrasi

Ketika membaca buku seseorang akan fokus perhatiannya terhadap bacaannya. Hal tersebut akan melatih seseorang dalam berkonsentrasi terhadap sesuatu. Sehingga membaca buku dapat dijadikan sebagai salah satu cara latihan dalam meningkatkan konsentrasi.

2. Mengembangkan kosakata

Sebuah penelitian terhadap siswa yang teratur dalam membaca buku dari mulai usia dini, diketahui memiliki kosakata yang lebih banyak.

Selain kata-kata baru yang didapat, kosakata memiliki beragam manfaat lainnya dalam berbagai aspek di kehidupan.

Seperti dalam sebuah tes penerimaan perguruan tinggi ataupun tes pekerjaaan dan tes-tes lainnya. Ataupun dengan banyaknya kosakata yang dimiliki akan mudah dalam berkomunikasi dengan berbagai kalangan.

Baca Juga: Update 4 Oktober, Kasus Positif Corona di Indonesia Tembus 300 Ribu Lebih

3. Mengurangi stress

Sebuah penelitian di Amerika Serikat menemukan bahwa dengan membaca buku selama 30 menit maka yang akan terjadi ialah dapat menurunkan tekanan darah, detak jantung serta perasaan psikologis yang ada dalam diri seseorang.

Penelitian tersebut dilakukan terhadap mahasiswa ilmu kesehatan di Amerika Serikat. Membaca buku dapat menimbulkan relaksasi dalam tubuh sehingga dapat membantu untuk menenangkan pikiran.

4. Membantu mencegah penurunan kognitif

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Rush University Medical pada tahun 2013 menemukan bahwa seseorang yang sering melakukan kegiatan yang merangsang otak seperti membaca buku yang dilakukan rutin sepanjang hidupnya.

Yang terjadi pada diri mereka tidak ditemukannya ciri-ciri pada penyakit demensia atau pikun, seperti cenderung tidak mengembangnya plak, lesi dan penyusutan protein. Membaca buku seperti sebuah olahraga otak yang akan membantu untuk menjaga kekuatan otak.

Baca Juga: 2 Juta Buruh Bakal Mogok Nasional Tolak Omnibus Law, Ini 10 Poin Tuntutannya

5. Meningkatkan empati

Membaca buku seperti cerita fiksi, sastra atau cerita yang mengisahkan sebuah kehidupan sosial akan membuat rasa empati seseorang dapat meningkat. Sebab, seseorang dapat ikut terbawa penggambaran dari karakter dan suasana dalam cerita.

Sehingga timbul dari diri seseorang dalam kemampuan akan memahami perasaan dari orang lain.

Demikian beberapa manfaat dari membaca buku dan masih banyak lagi manfaat lainnya yang dapat dirasakan. Sempatkan membaca buku dalam sehari ya.*** (Dwi Nurul/JOB)

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: Heatline


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x