Mengenal Gaya Hidup 'Hustle Culture' Tren Gila Kerja di Kalangan Anak Muda, Apakah Kamu Salah satunya?

- 19 Desember 2023, 15:30 WIB
Hustle Culture, Work
Hustle Culture, Work /Ant Rozetsky/Unplash

PRFMNEWS - Kamu pasti sudah tidak asing kan dengan istilah hustle culture? Atau, jangan-jangan kamu salah satu penganut budaya ini?

Hustle culture kini tengah menjadi isu yang ramai diperbincangkan karena fenomena ini menggambarkan kebiasaan anak muda yang kini sedang bekerja.

Tren hustle culture ini menggambarkan keadaan seseorang yang harus selalu bekerja untuk sukses, sehingga seringkali tidak punya waktu lagi buat diri sendiri dan beristirahat, seperti liburan, kurang tidur, dan tidak ada me time. Bahkan cenderung mengabaikan kesehatan merasa harus selalu bekerja.

Baca Juga: Hati-hati, 7 Kebiasaan ini Bisa Bikin Wanita Sulit Hamil, Begini Penjelasan dr. Ema

Apa Itu Hustle Culture?

Hustle culture adalah perilaku yang membuat seseorang mendorong dirinya untuk bekerja lebih keras, bahkan bisa melebihi jam normal dan batas kemampuannya.

Orang yang melakukan hustle culture biasanya akan kecanduan bekerja dan tidak bisa menikmati waktu luang karena terus-menerus memikirkan pekerjaannya.

Budaya ini memang cukup populer di dunia kerja dan kalangan anak muda, terutama para pekerja kantoran. Hal ini terjadi karena masih banyak perusahaan yang mendorong karyawannya untuk bekerja ekstra demi hasil yang lebih baik dan goal yang dituju.

Fenomena ini tentunya tidak bagus buat life balance, karena tidak adanya keseimbangan dalam aspek kehidupan, seperti aspek kesehatan, pekerjaan, dan kesejahteraan emosional.

Sering kali seseorang merasa bangga bahwa ia bekerja sampai pagi, seperti pekerjaan yang menumpuk dan mengakibatkan hanya tidur 4 jam.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x