Wajib Tau! Penderita Diabetes Sebaiknya Skip Sarapan Bubur Ayam dan Lontong

- 19 Agustus 2023, 18:00 WIB
Penderita diabes diimbau jangan sarapan Bubur Ayam
Penderita diabes diimbau jangan sarapan Bubur Ayam / Instagram /@eat.time.story

PRFMNEWS - Sarapan dengan semangkok bubur ayam dengan taburan cakwe, ditambah suwiran ayam dan kerupuk tentu sangat lezat, atau untuk pecinta lontong dan ketupat, lontong kari atau kupat tahu adalah makanan yang sulit untuk dilewatkan saat sarapan.

Namun tahukah kamu jika bubur ayam atau lontong adalah menu yang harus dilewatkan atau di hindari bagi mereka yang mengidap diabetes.

Seperti kita ketahui, penyakit diabetes merupakan penyakit gangguan metabolisme glukosa yang disebabkan gangguan produksi insulin maupun retensi insulin.

Baca Juga: Gerbang Tol Gedebage KM 149 Dibuka Hari Ini Hanya Sampai Pukul 17.00 WIB

Lalu, apakah pengidap diabetes melitus boleh makanan bubur ayam atau lontong? Sebaiknya hal ini dikurangi atau bahkan dihindari.

Bubur ayam dan lontong atau ketuat memiliki bahan utama beras atau nasi putih yang dikenal dengan kandungan gulanya.

Selain itu, cara pengolahan bubur ayam membuat makanan ini, terutama kandungan gula dari nasi, menjadi lebih mudah dicerna tubuh dan bisa memicu naiknya kadar gula darah. Hal ini membuat bubur ayam memiliki indeks glikemik yang tinggi.

Akibatnya, kadar gula darah meningkat drastis. Kadar gula darah yang meningkat harus segera distabilkan agar tidak memicu penyakit lain yang dikhawatirkan akan terjadi komplikasi diabetes. Cara yang paling praktis untuk menurunkan kadar gula tersebut adalah dengan menjaga pola makan yang dikonsumsi.

Baca Juga: Tak Sampai 10 Menit Hadir di Shopee Live, Erigo Bareng Raffi Ahmad Cetak Rekor Penjualan Rp 5 Miliar

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x