Sarapan Lebih Awal Ternyata Dapat Mengurangi Risiko Diabetes Tipe 2

- 15 Agustus 2023, 14:30 WIB
Ilustrasi sarapan.
Ilustrasi sarapan. /Pixabay/the5th/

PRFMNEWS - Banyak orang mungkin sering melewatkan sarapan di pagi hari, tetapi penelitian baru menunjukkan bahwa meluangkan waktu untuk sarapan, dan waktunya lebih awal, dapat memberikan manfaat kesehatan yang penting.

Sarapan pagi merupakan rutinitas yang harusnya tak boleh dilewatkan. Pasalnya, hal ini dapat memberikan sejumlah manfaat bagi kesehatan, seperti menjaga berat badan ideal hingga mengontrol kadar gula darah dalam tubuh.

Sayangnya, manfaat sarapan di pagi hari ini kerap diabaikan oleh sebagian orang, dan tak jarang mereka akan menggabungkan sarapan di waktu makan siang.

Baca Juga: Menu Sarapan Paling Sehat Menurut dr. Zaidul Akbar

Kebiasaan melewatkan sarapan sebetulnya tidaklah disarankan, mengingat hal tersebut berisiko menimbulkan masalah kesehatan.

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan bulan lalu di International Journal of Epidemiology, menemukan bahwa mereka yang secara rutin makan sarapan lebih awal — khususnya sebelum jam 8 pagi — lebih kecil kemungkinannya untuk memiliki diabetes tipe 2 dibandingkan mereka yang sarapan setelah jam 9 pagi.

Ditemukan pula, peserta studi yang cenderung makan malam lebih lambat, terutama setelah jam 9 malam atau 10 malam, memiliki risiko diabetes tipe 2 yang lebih tinggi daripada mereka yang makan malam lebih awal pada hari itu.

Penulis studi dan peneliti postdoctoral di ISGlobal Barcelona Institute for Global Health, Anna Palomar-Cros, PhD, MPH, mengatakan :

“Jadi jika kualitas diet atau tingkat aktivitas fisik para peserta, diabaikan, maka sarapan dan makan malam lebih awal dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2 menjadi lebih rendah,” jelas Palomar-Cros.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x