Bolehkah Memotong Kuku dan Rambut Sebelum Hewan Kurban Disembelih? ini Penjelasannya

- 13 Juni 2023, 08:30 WIB
Ilustrasi potong kuku.
Ilustrasi potong kuku. /Foto Ilustrasi: Freepik/

PRFMNEWS - Sebentar lagi umat muslim di dunia akan merayakan Idul Adha 1444 H. Idul Adha dirayakan pada setiap tanggal 10 Dzulhijjah yang juga dikenal dengan sebutan “Hari Raya Haji."

Di jalan-jalan pasti kamu sudah melihat banyak orang-orang yang berjualan hewan kurban.

Namun tahukah kamu, salah satu yang disyariatkan menjelang Idul Adha adalah larangan melakukan potong kuku sebelum kurban.

Baca Juga: Yuk, Pahami Serba-serbi Idul Adha dan Kurban Serta Keutamaannya bagi Umat Muslim

Hal itu juga berlaku bagi rambut untuk orang-orang yang berniat untuk hadyu atau memotong hewan kurban. Seperti apa hukum potong kuku sebelum kurban?

Ada dua pendapat berbeda tentang hukum memotong kuku dan rambut saat Hari Raya Idul Adha. Ada yang mengatakan, orang yang berkurban dilarang memotong kuku dan rambutnya. Namun, ada juga lho yang membolehkan.

Mengutip nu online, ulama memang berbeda pandangan dalam memaknai hadits riwayat Ummu Salamah. Sabda Rasulullah Muhammad SAW yang dimaksud adalah:

“Apabila sepuluh hari pertama Dzulhijjah telah masuk dan seorang di antara kamu hendak berkurban, maka janganlah menyentuh rambut dan kulit sedikitpun, sampai (selesai) berkurban,” (HR Ibnu Majah, Ahmad, dan lain-lain)"

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: NU Online


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x