Yuk, Pahami Serba-serbi Idul Adha dan Kurban Serta Keutamaannya bagi Umat Muslim

- 12 Juni 2023, 12:40 WIB
Ilustrasi kurban.
Ilustrasi kurban. /Rumah Amal Salman/ Dokumentasi

PRFMNEWS - Umat Muslim sebentar lagi akan merayakan Idul Adha 1444 H. Idul Adha dirayakan pada setiap tanggal 10 Dzulhijjah yang juga dikenal dengan sebutan “Hari Raya Haji."

Apa itu kurban? Dalam bahasa Arab, kurban adalah hewan sembelihan berkaki empat seperti unta, sapi, dan kambing. Pelaksanaan kurban dilakukan satu tahun sekali pada hari raya Idul Adha (tanggal 10 Dzulhijjah) dan hari tasyrik (tanggal 11,12,13 Dzulhijjah).

Pada hakikatnya, melakukan sembelih hewan saat hari raya Idul Adha adalah bentuk ibadah untuk mendekatkan diri kepada Allah sekaligus memberikan kebahagiaan kepada umat Muslim lain yang kurang beruntung.

Baca Juga: Jelang Idul Adha, Juru Sembelih Dilatih Manajemen Kurban

Idul Adha ditandai dengan puncak ibadah Haji di Mekkah, Arab Saudi. Hari besar dalam Islam ini berdasarkan kisah Nabi Ibrahim yang diperintahkan untuk mengorbankan putranya, Ismail. Hal ini ada dalam Al quran, surat As Saffat ayat 102 yang berbunyi:

(Fa lamma balaga ma'ahus-sa'ya qala ya bunayya inni ara fil-manami anni azbahuka fanzur maza tara, qala ya abatif'al ma tu'maru satajiduni in sya`allahu minas-sabirin)

Artinya: "Maka ketika anak itu sampai (pada umur) sanggup berusaha bersamanya, (Ibrahim) berkata, "Wahai anakku! Sesungguhnya aku bermimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka pikirkanlah bagaimana pendapatmu!" Dia (Ismail) menjawab, "Wahai ayahku! Lakukanlah apa yang diperintahkan (Allah) kepadamu; Insya Allah engkau akan mendapatiku termasuk orang yang sabar."

Baca Juga: Pemkab Bandung Pantau Ketat Peredaran Hewan Kurban Mulai dari Dokumen Hingga Kesehatan Hewan

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah