Meski Resmi Dicabut, Pakai Masker Tetap Penting di Kondisi Tertentu, Kata Dokter Spesialis Paru

- 11 Juni 2023, 21:00 WIB
Ilustrasi pentingnya pakai masker di kondisi-kondisi tertentu
Ilustrasi pentingnya pakai masker di kondisi-kondisi tertentu /

PRFMNEWS – Dokter spesialis paru Prof. dr. Tjandra Yoga Aditama, SpP(K) menanggapi aturan terbaru soal pemerintah membolehkan masyarakat tidak memakai masker saat naik transportasi umum dan berkegiatan di area publik.

Aturan tidak wajib lagi pakai masker, kata Tjandra Yoga Aditama, perlu dibarengi dengan penyuluhan kesehatan ke masyarakat agar dapat tetap memprioritaskan protokol kesehatan (prokes) tersebut saat berada di kondisi tertentu.

Lantas, kapan masyarakat tetap dianjurkan memakai masker meski Satgas Covid-19 telah resmi mencabut kewajiban prokes tersebut di tempat umum?

Baca Juga: Profil Alberto Rodriguez Martin, Pemain Baru Pelengkap Kuota Pemain Asing Persib

Menurut pulmonolog sekaligus Direktur Program Pascasarjana Universitas YARSI tersebut, masyarakat tetap disarankan mengenakan masker yang pertama adalah saat sedang sakit terutama yang menyerang saluran pernapasan.

"Kalau sedang sakit di saluran pernapasan jenis apapun maka baiknya pakai masker untuk tidak menulari orang lain," ujar Tjandra, dikutip prfmnews.id dari ANTARA.

Kondisi kedua, lanjutnya, penggunaan masker tetap disarankan bagi orang-orang yang masuk ke ruangan dengan risiko penularan penyakit menular melalui udara dan ketika berada di daerah dengan polusi udara berat.

Saran tersebut disampaikan Tjandra menyusul diterbitkannya Surat Edaran (SE) No. 1 Tahun 2023 tentang Protokol Kesehatan Pada Masa Transisi Endemi untuk Mencegah Penularan Covid-19 yang dikeluarkan Satgas Covid-19 pada Jumat, 9 Juni 2023.

Baca Juga: Bhayangkara Run 5K 2023 Menjaring Bibit-bibit Atlet Potensial dari Kabupaten Bandung

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x