Penjelasan Ust Adi Hidayat tentang Proses Turunnya Al Quran

- 8 April 2023, 14:10 WIB
Ilustrasi Al Quran.
Ilustrasi Al Quran. /Pixabay/cahiwak

 

PRFMNEWS - Bagi setiap muslim mengimani Al Quran merupakan hal yang diwajibkan dalam agama. Bahkan, tidaklah beriman seorang muslim jika dia tidak mengimani kitab Al Quran.

Namun seringkali dalam Al Quran masih banyak hal yang belum sepenuhnya kita pahami terkait dengan keseluruhan ilmu mengenai Al Quran itu sendiri salah satunya adalah proses turunnya Al Quran.

Seperti yang kita tahu bahwa malam 17 Ramadhan merupakan malam diturunkannya Al Quran. Namun ada perselisihan pendapat terkait dengan turunnya Al Quran ke dunia dari lauh mahfuzh.

Baca Juga: Rahasia dan Keistimewaan Nuzulul Quran, Begini Penjelasan Ustadz Adi Hidayat

Menanggapi hal ini ustadz Adi Hidayat dalam salah satu ceramahnya pernah membahas tentang proses turunya Al Quran yang menjadikan malam diturunkannya Al Quran merupakan malam yang lebih baik dari 1.000 bulan.

Pertama kali Al Quran diturunkan ke dunia berbeda dengan pertama kali Al Quran dibacakan. Seperti yang kita tahu Al Quran pertama kali dibacakan melalui lisan nabi Muhammad yang diberikan wahyu melalui malaikat Jibril yaitu lima ayat pertama surah Al Alaq pada 17 Ramadhan.

Sedangkan proses pertama kali turun dari lauh mahfuz ke langit dunia dalam bentuk utuh adalah pada malam lailatul qadar. Pada malam itulah turunnya Al Quran secara keseluruhan mulai dari Al Fatihah sampai An Nas.

Baca Juga: Baca Doa Singkat ini Saat Jeda Sholat Tarawih, Semua Dosa Diampuni Allah Kata Ustadz Adi Hidayat

“Jadi ini belum sampai kepada Nabi, baru sampai kepada Malaikat Jibril yang diturunkan sekaligus,” ungkap Ustadz Adi Hidayat, seperti yang dikutip dari prfmnews.id melalui kanal YouTube Audio Dakwah.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x