Akihah atau Kurban yang Harus Didahulukan ? Begini Penjelasan Ustadz Adi Hidayat

- 19 Juni 2022, 21:00 WIB
Ilustrasi Ustadz Adi Hidayat menjelaskan hukum berkurban untuk orang yang sudah meninggal.
Ilustrasi Ustadz Adi Hidayat menjelaskan hukum berkurban untuk orang yang sudah meninggal. /Tangkap Layar YouTube/YouTube Adi Hidayat Official.


PRFMNEWS – Idul Adha jatuh setiap 10 Dzulhijjah tahun Hijriah. Tahun ini Idul Adha bertepatan 9 Juli 2022.

Setiap memperingati hari raya Idul Adha, umat muslim menjalankan sunah-sunah Idul Adha salah satunya melaksanakan qurban.

Terkait pertanyaan mana yang harus didahulukan antara akikah atau kurban, Ustadz Adi Hidayat memberikan penjelasannya melalui kanal Adi Hidayat Official.

Hukum aqiqah adalah sunnah muakkadah yang dilakukan oleh orang tua untuk anaknya.

Baca Juga: Berikut Opsi Sanksi Persib Bandung Terkait Meninggalnya 2 Bobotoh di Stadion GBLA

Dari Samurah bin Jundab, bahwasanya Rasulullah SAW bersabda, “Tiap-tiap anak tergadai (tergantung) dengan ‘Aqiqahnya yang disembelih untuknya pada hari ke-7, di hari itu ia dicukur rambutnya dan diberi nama“. [HR. Abu Dawud juz 3, hal. 106, no. 2838]

Meskipun Aqiqah disunahkan dilaksanakan pada usia 7 hari, namun bagi orang tua yang belum bisa melakukan aqiqah maka dapat dilakukan sampai usia anak sebelum baligh.

Aqiqah spesifik ibadah yang dilakukan untuk anak sebelum baligh. Sedangkan qurban sifatnya ibadah yang tidak spesifik untuk anak saja, namun ditujukan kepada jiwa/diri dan bersifat umum bisa untuk anak, dewasa bahkan bisa bagi yang telah wafat.

Dari hal tersebut, karena sifatnya yang berbeda, Aqiqah dan Qurban cenderung dipisahkan. Karena Aqiqah waktunya terbatas, maka dahulukan untuk melakukan Aqiqah terlebih dahulu.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x