Obat Diabetes Bikin Kerusakan Ginjal dan Harus Cuci Darah Selamanya? Begini Penjelasan Dokter Cahyo

- 12 Oktober 2022, 17:15 WIB
Ilustrasi, obat diabetes bikin ginjal rusak dan harus cuci darah, kata Dokter Cahyo Purnomo.
Ilustrasi, obat diabetes bikin ginjal rusak dan harus cuci darah, kata Dokter Cahyo Purnomo. /Freepik.com

PRFMNEWS - Tidak sedikit penderita diabetes yang berhenti mengkonsumsi obat dikarenakan takut menyebabkan kerusakan ginjal dan harus cuci darah seumur hidupnya.

Padahal obat diabetes harus dikonsumsi agar dapat menstabilkan gula darah dalam tubuh sehingga kadar gula bisa tetap terkontrol.

Namun benarkah obat diabetes bisa menyebabkan kerusakan pada ginjal dan berakhir cuci darah seumur hidupnya jika dikonsumsi terus menerus?

Baca Juga: Pemerintah Kota Bandung Siap Salurkan BLT UMKM Sebesar Rp2 Miliar

Menjawab polemik tersebut dokter Cahyo memberikan jawabannya, seperti yang dilansir prfmnews.id dari kanal YouTube dr. Cahyo Edukes pada Rabu 12 Oktober 2022.

Dokter Cahyo menjelaskan penyakit gagal ginjal atau kerusakan ginjal itu rusaknya pembuluh darah yang mengalir ke dalam ginjal. Sehingga dapat membuat pengiriman nutrisi oksigen ke sel ginjal mengalami gangguan.

Akibatnya sel ginjal akan kekurangan nutrisi dan oksigen. Jika hal ini terus menerus berlangsung dalam jangka waktu cukup lama bisa sebabkan kematian atau kerusakan ginjal.

Bila kerusakan ginjal ini sudah parah hingga hanya tersisa seperlima bagian ginjal yang sehat maka besar kemungkinan untuk membuat ginjal bisa bertahan hanya dengan cara cuci darah atau cangkok ginjal.

Baca Juga: Rizky Billar Penuhi Panggilan Polisi Hari Ini untuk Pemeriksaan Dugaan KDRT Terhadap Lesti Kejora

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan

Sumber: YouTube dr. Cahyo EDUKES


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x