Catat, ini 7 Makanan Perusak Bagi Ginjal

- 4 Oktober 2022, 14:30 WIB
Ilustrasi. Ini jenis makanan yang dapat merusak ginjal menurut dr. Ema Surya Pertiwi.
Ilustrasi. Ini jenis makanan yang dapat merusak ginjal menurut dr. Ema Surya Pertiwi. /Andrea Piacquadio/Pexels/


PRFMNEWS - Siapapun ingin selalu menjaga organ vitalnya termasuk ginjal. Ginjal merupakan organ vital yang sangat penting dalam tubuh manusia, karena salah satu fungsi ginjal adalah menyerap racun pada tubuh.

Namun, bila anda tahu terdapat hal-hal yang bisa cepat merusak ginjal salah satunya dari asupan makanan.

Dokter Ema Surya Pertiwi menjelaskan tentang jenis-jenis makanan apa saja yang bisa meningkatkan kerusakan ginjal dengan cepat seperti yang dikutip dari kanal Youtube Emasuperr.

Yang pertama makanan tinggi sodium atau natrium. Untuk anda ketahui ragam contohnya adalah seperti makanan yang terlalu asin yakni keripik, makanan kalengan, makanan olahan kentang goreng, mie instan, dan bumbu-bumbu instan.

Baca Juga: Sering Konsumsi Makanan Favorit Ini Akan Merusak Ginjal, Kata dr Ema

Itu semua tinggi akan natrium, nah anda bisa melihat kadar natrium di bagian kemasan makanan.

Natrium klorat sendiri itu bisa meningkatkan penyerapan cairan pada tubuh yang menyebabkan tubuh mengalami ketidakseimbangan cairan maupun elektrolit.

Selain itu bisa meningkatkan tekanan darah, juga kelebihan natrium bisa meningkatkan pengeluaran kalsium pada tubuh yang jika terlalu berlebihan akan mengendap di dalam ginjal dan meningkatkan resiko batu ginjal.

Yang kedua makanan tinggi protein. Diet tinggi protein itu terbukti bagus sekali untuk membantu menurunkan berat badan, menjaga kesehatan jantung, lalu untuk menstabilkan gula darah.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x