Efek Mengkonsumsi Obat Diabetes Dibarengi Obat Herbal Diabetes, Dijelaskan Dokter Cahyo

- 30 Agustus 2022, 07:15 WIB
Ilustrasi obat diabetes.
Ilustrasi obat diabetes. /Pexels/Anna Shvets

PRFMNEWS - Bagi jadinya jika penderita diabetes, kemudian memiliki keinginan untuk menggunakan jamu atau obat herbal bersamaan dengan obat-obatan diabetes dari dokter.

Ada yang berfikiran bahwasanya dengan mencampur kedua bahan obat tersebut ini bisa mendapatkan efek penurunan kadar gula darah yang maksimal, atau mungkin juga anda berfikiran dengan mencampur kedua bahan tersebut ini bisa menyebabkan penyakit diabetes anda sembuh.

Namun mungkin anda juga bertanya-tanya "Kalau saya minum bersama-sama aman atau tidak ya?", jadi di sini perlu anda ketahui bahwa jika suatu obat ini digunakan bersama-sama dengan jamu atau obat herbal yang memiliki mekanisme kerja yang sama, dikhawatirkan bisa menyebabkan efek ganda.

Jadi mungkin anda berfikiran, apabila misalnya meminum obat diabetes ini kadar gulanya bisa turun 100, kemudian apabila minum jamu ini kadar gulanya juga turun 100, nanti jika diminum bersama-sama ini bisa menurunkan kadar gula sampai 200.

Baca Juga: Berikut Fakta Diabetes Basah dan Diabetes Kering, Dijelaskan oleh Dokter Cahyo

Jadi misalkan sebelumnya kadar gulanya ini 400, minum obat diabetes dicampur dengan jamu, anda mengharap bisa gula darahnya turun menjadi sekitar 200-an.

Namun dokter Cahyo Purnomo menjelaskan, kenyataannya tidak seperti itu.

Menurut dia, interaksi obat dengan jamu ini hitung-hitungannya tidak seperti itu, tidak selalu satu ditambah satu ini hasilnya adalah 2.

Namun seringkali yang terjadi adalah efeknya yaitu satu ditambah satu ini bisa menjadi 4, bisa menjadi 7 dan seterusnya atau ibaratnya ini efek berlipat ganda.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x