7 Manfaat Sarang Madu untuk Kesehatan, Salah Satunya Sebagai Pengganti Gula bagi Penderita Diabetes

- 26 Agustus 2022, 17:00 WIB
Koswara (40), peternak lebah madu menunjukkan sarang madu Trigona yang baru saja dipanen di Maribaya, Desa Langensari Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Senin, 24 Agustus 2020.
Koswara (40), peternak lebah madu menunjukkan sarang madu Trigona yang baru saja dipanen di Maribaya, Desa Langensari Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Senin, 24 Agustus 2020. /Pikiran-rakyat.com/Dewiyatini/

PRFMNEWS - Sudah bukan rahasia umum lagi bila madu bermanfaat bagi tubuh. Namun, bagaimana dengan sarang lebah yang ternyata bisa dikonsumsi? Meski tidak sepopuler madu, ada berbagai manfaat tersembunyi yang bisa Anda peroleh dari sarang madu.

Sarang lebah terdiri dari sel lilin heksagonal yang dibuat oleh lebah, dan setiap sel penuh dengan madu mentah. Setelah menikmati ledakan manisnya, beberapa orang lebih suka mengunyah lilin seperti permen karet dan membuangnya, tetapi tidak ada salahnya menelannya juga. Faktanya, lilin memiliki beberapa manfaat tersendiri.

Makan sarang lebah mungkin tampak asing bagi sebagian orang, tetapi itu sudah menjadi bagian dari makanan manusia selama ribuan tahun.

Baca Juga: Akui Kesalahannya, Ferdy Sambo Tetap Ajukan Banding Usai Diputuskan PTDH dalam Sidang Kode Etik

Madu telah ditemukan di sebuah situs arkeologi di negara Georgia sejak 5.500 tahun yang lalu, dan bukti pengumpulan madu terlihat di lukisan gua berusia 8.000 tahun di Spanyol. Para ahli percaya bahwa nenek moyang kita menggunakan madu sebagai obat dan sumber nutrisi.

Penasaran apa saja manfaat dari sarang lebah? Yuk langsung saja simak ulasan lengkap berikut ini.

1. Melindungi Kesehatan Fungsi Hati

Penelitian telah menemukan bahwa madu mentah melindungi hati dari kerusakan akibat racun, penyumbatan empedu, dan penyakit hati berlemak. Menurut sebuah penelitian, seseorang diuji untuk mengonsumsi lilin selama 24 minggu. Pada akhir penelitian, para peneliti menemukan bahwa hal tersebut dapat membantu menormalkan fungsi hati dan memperbaiki gejala perlemakan hati.

Baca Juga: Polisi Ungkap Kronologi Lift Jatuh di Pasar Baru Jakarta, 1 Korban Meninggal

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x