BAHAYA Gula Darah Tinggi Picu 9 Komplikasi Diabetes, Termasuk di Mulut, Mata, Rambut Kata dr. Saddam Ismail

- 26 Agustus 2022, 13:45 WIB
Ilustrasi Diabetes
Ilustrasi Diabetes /Pixabay.com/

PRFMNEWS – Healthy vlogger dokter Saddam Ismail mengungkap sembilan penyakit komplikasi pada orang diabetes yang bisa muncul jika kadar gula darah tinggi tidak dikontrol dengan baik.

Sembilan penyakit komplikasi diabetes akibat gula darah dibiarkan terus tinggi ini, kata dr. Saddam Ismail, sangat berbahaya karena ada yang bisa mengakibatkan meninggal dunia.

Organ tubuh yang terancam terserang komplikasi diabetes akibat gula darah terus tinggi, ujar dr. Saddam Ismail, antara lain ginjal, mata, kaki, mulut, kulit, jantung dan lainnya.

Dokter Saddam Ismail menyebut, kunci utama cegah komplikasi diabetes yang bisa mengakibatkan meninggal ini adalah disiplin mengontrol kadar gula darah agar tidak terus tinggi.

Agar gula darah turun dan terkontrol sehingga mencegah komplikasi diabetes, dr. Saddam Ismail menyarankan untuk disiplin minum obat sesuai dosis dokter, serta kurangi makanan dan minuman pemicu gula darah naik.

Baca Juga: Jenis Makanan yang Harus Dihindari dan Disarankan Bagi Penderita Diabetes Tipe 2 untuk Menurunkan Gula Darah

Adapun sembilan penyakit komplikasi diabetes akibat gula darah dibiarkan terus tinggi yang diungkap dr. Saddam Ismail adalah sebagai berikut:

1. Kerusakan saraf (neuropati diabetic)

Dokter Saddam Ismail mengungkap, ketika gula darah terlalu tinggi dan tidak segera dikontrol bisa merusak fungsi saraf pada tubuh. Paling sering terjadi pada saraf tangan dan kaki.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x