Gejala yang Muncul Akibat Alergi Obat dan Tips Mengatasinya, Menurut dr. Vania Utami

- 14 Agustus 2022, 06:37 WIB
dr. Vania Utami jelaskan soal alergi obat
dr. Vania Utami jelaskan soal alergi obat /Tangkap layar YouTube.com/Vania Utami

PRFMNEWS - Alergi obat adalah salah satu reaksi berlebihan dari sistem kekebalan tubuh terhadap suatu obat yang digunakan. 

Oleh sebab itu, apabila kita memiliki alergi obat lebih baik sampaikan informasi tersebut kepada dokter saat sedang berobat. 

Dokter sekaligus healthy vlogger dr. Vania Utami mengatakan, menurut Asthma and Allergy Foundation of America, alergi obat merupakan respon abnormal sistem imun terhadap substansi yang pada umumnya tidaklah berbahaya. 

Baca Juga: 7 Gejala Gula Darah Tinggi ini Jadi Tanda Khas Orang Diabetes, Sadari Guna Deteksi Dini Kata Dr. Vania Utami

"Iya, obat pada umumnya nggak bahaya kalau sesuai dosis dan indikasi, kalau diminum sembarangan ya beda ceritanya," kata dr. Vania Utami dikutip dari akun Instagram @vaniautp.

Lalu bagaimana caranya untuk mengetahui apakah kita alergi obat atau tidak? dr. Utami mengatakan akan muncul gejala tertentu bila kita mengalami alergi pada obat. 

"Setelah minum obat tertentu, tiba-tiba muncul gejala yang nggak seharusnya. Munculnya pun bisa dalam hitungan jam atau bahkan detik," katanya. 

Baca Juga: 4 Fase dalam Masa Pertumbuhan dan Faktor yang Mempengaruhinya, Dijelaskan dr Vania Utami

Dirinya menambahkan bahwa ada beberapa gejala yang terlihat, seperti timbul bercak kemerahan di kulit, gatal-gatal, bengkak, puding, sesak nafas, bahkan anafilaksis (reaksi alergi berat). 

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x