Begini Cara Cek Gula Darah Sendiri dari Rumah, Menurut dr. Vania Utami

- 26 Juni 2022, 20:20 WIB
ilustrasi cek gula darah/ pixabay @Tesaphotography
ilustrasi cek gula darah/ pixabay @Tesaphotography /

PRFMNEWS - Penting bagi masyarakat umum untuk mengetahui beberapa cara jika seseorang ingin mengecek gula darah dari rumah.

Terdapat beberapa jenis tes untuk memeriksa gula darah yang dapat dilakukan penderita penyakit diabetes untuk mengetahui kadar glukosa di dalam darah.

Berikut ini dikutip prfmnews.id dari video yang diunggah kanal YouTube dokter Vania Utami pada tanggal 12 Mei 2020, dr. Vania Utami membagikan cara cek gula darah sendiri di rumah.

Beberapa alat yang perlu dipersiapkan untuk mengecek gula darah adalah alat ukur, lancet atau jarum, lancet device, test strips, dan alkohol swab.

Baca Juga: Ridwan Kamil Curhat Kena Cakar Ibu-Ibu Saat Hadiri Acara Penutupan MTQ di Sumedang: Dan Terjadi Lagi

Namun perlu diingat bagi penderita diabetes yang akan mengecek gula darah bahwa lancet atau jarum untuk cek gula hanya boleh digunakan satu kali saja.

"Karena kalau dipakai 2-3 kali akan menyebabkan jarum tumpul dan sakit, dan dapat menyebabkan infeksi," terang dr. Vania Utami.

Di dalam lancet device terdapat pengukuran kedalaman jarum, yang nantinya akan ditusukkan ke dalam kulit.

Dimana angka 1 dan 2 biasanya digunakan untuk penderita yang memiliki kulit tipis, lalu angka 3 dipakai untu kulit normal, kemudian 4 serta 5 untuk kulit yang tebal.

Baca Juga: Masuk Kejuaraan Dunia Motocross MXGP 2022 karena Wildcard, Nakami Vidi Makarim Akui Tanpa Persiapan

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x