Diabetes Bisa Disembuhkan Selamanya, Apa Benar? Simak Penjelasan Dokter Saddam Ismail

- 7 Agustus 2022, 12:00 WIB
Ilustrasi diabetes.
Ilustrasi diabetes. /Publiktanggamus.com/Pixabay/Tumisu


PRFMNEWS - Mungkin banyak yang bertanya-tanya jika seandainya terkena penyakit diabetes atau mengalami penyakit diabetes setelah berobat ke dokter kemudian gula darahnya turun atau normal, apakah itu sudah dikatakan sembuh dari diabetes ?

Banyak yang belum tahu dan banyak juga yang masih merasa bingung tentang penyakit diabetes sampai ada yang mengatakan ada obat mujarab yang bisa buat penyakit diabetes itu sembuh selamanya. Namun, kira-kira apakah penyakit diabetes itu bisa sembuh total alias tidak kambuh lagi?

Kali ini Dokter Saddam Ismail akan menjawab pertanyaan tersebut di penjelasan berikut ini, seperti disampaikan dalam Kanal Youtube Saddam Ismail.

Baca Juga: dr Clarin Hayes Ungkap Cara Cegah Diabetes pada Usia Muda

Mungkin anda baru didiagnosa mengalami diabetes ataupun ada yang sudah lama di diagnosa penyakit diabetes. Memang pada faktanya penyakit diabetes tidak bisa disembuhkan selamanya atau sembuh total.

Namun anda tidak perlu khawatir, tidak perlu panik. Secara teori, diabetes adalah gula darah yang tinggi, gula darah anda itu bisa kembali normal atau bisa kembali terkontrol ataupun tidak tinggi.

Diabetes itu ada 2, yakni diabetes tipe 1 dan tipe 2. Jadi tidak ada diabetes tipe kering, diabetes kering atau diabetes basah.

Baca Juga: Kenali 7 Tanda Bahaya Setelah Minum Obat Diabetes, Segera Periksa Hindari Hipoglikemia Kata dr. Cahyo

Diabetes tipe 1 yaitu insulin tidak diproduksi oleh tubuh. Sedangkan diabetes tipe 2 adalah diabetes yang paling umum yang sering dialami itu resistensi insulin, yakni insulinnya ada tetapi produksi insulinnya minim.

Jadi insulin itu tidak bisa bekerja secara efektif. Kemudian ada diabetes gestasional, itu terjadi pada ibu hamil namun setelah melahirkan biasanya normal kembali. Jika insulin tidak ada atau jumlahnya sedikit atau mengalami resistensi, itu bisa mengakibatkan gula darah menumpuk di dalam darah.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah