Selain Cek Kadar Gula Darah, Penderita Diabetes Juga Dianjurkan Cek Kadar HbA1c, dr. Cahyo Ungkap Manfaatnya

- 26 Juli 2022, 19:30 WIB
Ilustrasi diabetes.
Ilustrasi diabetes. /Pexels/Nataliya Vaitkevich

PRFMNEWS - dr. Cahyo Purnomo menjelaskan tentang manfaat dari pemeriksaan kadar HbA1c yang sangat disarankan untuk dilakukan penderita diabetes.

Selain melakukan cek kadar gula darah pada penderita diabetes, pemeriksaan kadar HbA1c juga sangat penting untuk dilakukan.

Alasannya yaitu karena pemeriksaan kadar HbA1c ini bisa menjadi sebuah gambaran tentang berhasil atau tidaknya usaha dalam mengendalikan kadar gula darah yang dilakukan penderita diabetes dalam 3 bulan terakhir.

Baca Juga: Rutin Minum Obat Diabetes dari Dokter Tapi Gula Darah Tetap Tinggi, Begini Cara Mengatasinya Kata dr. Cahyo

Jadi dengan melakukan pemeriksaan kadar HbA1c, diharapkan penderita diabetes bisa melakukan usaha lebih maksimal agar terhindar dari komplikasi penyakit berbahaya yang sering terjadi akibat kadar gula darah tidak terkontrol.

Berikut penjelasan dr. Cahyo Purnomo tentang pemeriksaan kadar HbA1c bagi penderita diabetes, seperti dikutip dari kanal YouTube dr. Cahyo EDUKES:

Selain rutin melakukan pemeriksaan kadar gula darah, penderita diabetes juga penting untuk melakukan pemeriksaan kadar HbA1c setiap 2-6 bulan sekali.

Baca Juga: Apakah Tetap Wajib Minum Obat Diabetes Jika Gula Darah Sudah Normal? Begini Kata dr. Cahyo Purnomo

Melakukan pemeriksaan kadar HbA1c dapat membantu penderita diabetes mengetahui kadar glukosa darah selama 3 bulan yang menggambarkan keberhasilan dari pengobatan diabetes, serta pengaturan pola makan, dan pengaturan pola hidup selama 3 bulan.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x