8 Tips Mencegah GERD dan Mulas Perut Secara Alami

- 25 Mei 2022, 20:45 WIB
Ilustrasi : GERD menyebabkan nyeri dada dan sensasi terbakar (heartburn)
Ilustrasi : GERD menyebabkan nyeri dada dan sensasi terbakar (heartburn) /Pexels/pixabay/

PRFMNEWS - Penyakit asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD) adalah munculnya rasa terbakar di dada akibat asam lambung naik ke kerongkongan.

Gejala asam lambung seperti ini biasanya akan muncul minimal dua kali dalam seminggu.
Dilansir prfmnews.id dari the healthy.com, berikut ini 8 tips pencegahan GERD dan refluks asam dengan cara alami.

1. Hindari makanan tertentu

Salah satu pengobatan rumahan yang paling efektif untuk GERD adalah dengan memantau apa yang Anda masukkan ke dalam tubuh Anda.

Baca Juga: Pendaftaran PPDB Kota Bandung Dibuka Juni, Ini Link Pendaftaran Resminya

Makanan berlemak, makanan pedas, alkohol, kopi, dan minuman bersoda semuanya diketahui berkontribusi terhadap refluks asam, jadi barang-barang ini harus dikonsumsi dalam jumlah sedang untuk mengurangi gejala refluks asam, menurut Mayo Clinic.

2. Minum atau kunyah herbal

Herbal tertentu membantu pencernaan dan dapat meredakan sakit maag saat dikonsumsi setelah makan.

Teh chamomile dan jahe, keduanya telah terbukti meningkatkan pencernaan, menjadikannya pengobatan rumahan yang ideal untuk GERD.

Baca Juga: Hati-hati, Sering Sesak Nafas Bisa Jadi Salah Satu Penyakit Asam Lambung, Ini Cara Atasinya

Anda juga bisa mengunyah biji adas, adas, adas manis, atau jintan, atau menghancurkan bijinya menjadi teh yang menenangkan sebagai obat rumahan untuk sakit maag.

Jika Anda memiliki alergi, laporan Harvard Medical School merekomendasikan untuk melewatkan chamomile dan mencoba salah satu pengobatan herbal lainnya.

3. Minum ekstrak artichoke globe

Obat yang dipelajari untuk gejala GERD, ekstrak artichoke telah dilihat dalam banyak studi klinis termasuk studi 2015 yang diterbitkan dalam Pengobatan Alternatif Pelengkap Berbasis Bukti dan penelitian menunjukkan itu dapat meredakan mual, kembung, sakit perut, dan gejala gangguan pencernaan lainnya.

Ini karena senyawa dalam daun artichoke yang disebut asam caffeoylquinic merangsang pelepasan empedu dari kantong empedu.

4. Pertimbangkan Iberogast

Cairan herbal mengandung milk thistle, chamomile, jintan, lemon balm, peppermint, licorice, celandine yang lebih besar, akar angelica, dan candytuft pahit.

Iberogast telah diteliti secara ekstensif dan penelitian menunjukkan bahwa cairan tersebut mengatur produksi asam lambung dan melindungi lapisan perut, menjadikannya salah satu pengobatan rumahan teratas untuk GERD dan refluks asam, menurut Canadian Society of Intestinal Research.

Iberogast harus dicampur dengan air dan diminum tiga kali sehari.

Baca Juga: Waspada Pungli, Berikut Tarif Retribusi Pemakaman di TPU Kota Bandung

5. Gunakan soda kue

Soda kue meredakan gejala asam lambung karena mengandung karbonat (CO3), yang membantu memulihkan keseimbangan asam/basa di saluran pencernaan Anda.

Untuk meredakan mulas sementara dari gejala refluks asam, campurkan 1/4 hingga 1/2 sendok teh soda kue dengan 8 ons air dan minum semuanya.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x