Benarkah Mandi Malam Buat Kamu Rematik? Berikut Penjelasan dr. Saddam Ismail

- 10 Maret 2022, 10:45 WIB
Pakar kesehatan dr. Saddam Ismail saat menjelasakan apakah mandi di malam hari menyebabkan rematik itu mitos atau fakta.
Pakar kesehatan dr. Saddam Ismail saat menjelasakan apakah mandi di malam hari menyebabkan rematik itu mitos atau fakta. /Youtube dr. Saddam Ismail


PRFMNEWS- Aktivitas mandi membuat seseorang menjadi lebih fresh dan sehat, biasanya mandi sering di lakukan di pagi hari, sore hari dan bahkan pada malam hari menjelang tidur.

Banyak rumor yang mengatakan bahwa mandi malam membuat kita terkena rematik. Penyakit rematik adalah peradangan sendi kronis yang disebabkan oleh gangguan autoimun.

Gangguan autoimun terjadi ketika sistem kekebalan tubuh yang berfungsi sebagai pertahanan terhadap virus, bakteri, dan jamur secara keliru menyerang sel dan jaringan tubuh sendiri.

Baca Juga: Sedang Tertimpa Musibah, Istri Doni Salmanan Terharu Dapat Banyak Dukungan dari Netizen

Pakar kesehatan dr. Saddam Ismail menyebutkan, mandi malam tidak membuat seseorang menjadi rematik dan itu hanyalah mitos semata. .

“Sebenarnya mandi malam bikin rematik itu hanya sebatas mitos, jadi tidak ada hubungannya mandi malam dengan terjadinya rematik,” ujar dr. Saddam Ismail dalam video yang dikutip prfmnews.id hari ini Kamis, 10 Maret 2022.

Dia menyebutkan bahwa rematik merupakan penyakit autoimun yang menyebabkan terjadinya peradangan, kekakuan, nyeri, dan keterbatasan nyeri pada sendi, tulang, otot hingga ligament.

Baca Juga: 5 Manfaat Mengkonsumsi Kacang Hijau Bagi Kesehatan, Salah Satunya Mengurangi Risiko Penyakit Kronis

“Jadi dengan kata lain mandi malam tidak membuat seseorang menjadi rematik,” kata dr. Saddam Ismail.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: YouTube Saddam Ismail


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x