5 Tips Cegah Terinfeksi Omicron dengan Tingkatkan Kekebalan Tubuh, Mudah dan Cukup Lakukan di Rumah

- 9 Februari 2022, 17:05 WIB
Setelah AS dan Thailand tutup pintu masuk warga Afrika, apa tindakan pemerintah Indonesia Cegah Omicron?
Setelah AS dan Thailand tutup pintu masuk warga Afrika, apa tindakan pemerintah Indonesia Cegah Omicron? /pexels/skitterphoto

 

PRFMNEWS – Ada lima tips atau cara yang bisa dilakukan untuk mencegah seseorang terinfeksi Covid-19 varian Omicron dengan meningkatkan daya tahan atau kekebalan tubuh.

Lima tips meningkatkan kekebalan tubuh agar tidak gampang tertular Omicron disampaikan Pakar Kesehatan dan Pelatih Kehidupan Luke Countinho, seperti dikutip prfmnews.id dari laman Hindustan Times pada Rabu, 9 Februari 2022.

Perlu diketahui, di tengah peningkatan tajam kasus Omicron, mendapatkan vaksinasi lengkap dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh menjadi pertahanan utama kita terhadap serangan Omicron.

Sifat Omicron yang memiliki daya penularan lebih cepat dari varian Covid-19 sebelumnya, membuat kita harus lebih maksimal mempersiapkan tubuh untuk melawan virus secara efektif.

Baca Juga: Perempuan Ini dapat 'Kecupan' dari Marc Marquez, Netizen Dibikin Meleleh

Kekebalan tubuh seseorang terbentuk dengan adanya Sel T yakni ‘pasukan’ sel darah putih yang berperan penting menghancurkan partikel asing seperti virus yang masuk dalam tubuh.

Untuk meningkatkan kekebalan Sel T dalam tubuh, Coutinho berbagi lima tips berikut ini yang bisa Anda lakukan mulai sekarang di rumah.

1. Vitamin D adalah kunci

Coutinho mengatakan, Vitamin D sangat penting untuk fungsi kekebalan tubuh, termasuk saat tahap pencegahan dan pemulihan pasca terinfeksi virus, termasuk Omicron.

Vitamin D dalam tubuh mampu membunuh bakteri dan virus, serta dapat mengurangi frekuensi infeksi di saluran pernapasan akut.

Ia menyarankan seseorang untuk memastikan ketercukupan vitamin D dalam tubuh dan rutin mendapatkan sinar matahari pagi yang cukup.

2. Kekuatan tidur

Tidur sangat penting karena membantu regenerasi tubuh sekaligus menstabilkan tingkat energi dan nafsu makan keesokan harinya.

Baca Juga: Satgas Bencana Nasional BUMN, Erick Thohir: Perkuat Integrasi Sistem dan Peran untuk Indonesia

Seseorang tidak boleh meremehkan kekuatan tidur malam yang baik, sehingga dapat memulihkan dan meremajakan tubuh serta menyegarkan pikiran.

"Ilmu kedokteran menjelaskan, kurang tidur bisa menurunkan respons kekebalan tubuh Anda, meningkatkan peradangan dan lebih mudah terinfeksi virus dan patogen jahat lainnya," kata Coutinho.

3. Berolahraga dan makan dengan baik

Berolahraga dalam frekuensi sedang, tetap bergerak dan aktif adalah cara sederhana namun sangat efektif untuk menjaga kekebalan tubuh tetap tinggi.

Coutinho juga merekomendasikan konsumsi makanan kaya vitamin C dan Zinc untuk menjaga kesehatan tubuh, seperti bawang putih, jahe, kunyit, madu, tulsi (kemangi suci), paprika, buah amla.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x