Si Mungil Banyak Guna, Ini 7 Manfaat Biji Ketumbar Bagi Kesehatan, Penting Disadari sejak Dini

- 6 Januari 2022, 15:55 WIB
Ilustrasi biji ketumbar.
Ilustrasi biji ketumbar. /Pixabay / PDPics.

PRFMNEWS - Biji ketumbar, meski mungil bentuknya tapi punya banyak kegunaan. Biji ketumbar jadi salah satu rempah herbal sangat populer di Indonesia sebagai bumbu masakan.

Biji ketumbar juga memiliki banyak nutrisi dan manfaat bagi penunjang kesehatan seseorang.

Berikut 7 manfaat biji ketumbar bagi kesehatan manusia, dikutip prfmnews.id dari laman Organic Facts:

Baca Juga: Jamin Tak Ada Lagi Pasien Covid-19 Kabur, Polisi Andalkan Aplikasi Monitoring Karantina Presisi

1. Perawatan kulit

Kandungan dalam biji ketumbar seperti Biji serat makanan tingkat tinggi, antioksidan, vitamin B, dan vitamin C diketahui dapat meningkatkan kesehatan kulit.

Itu dilakukan dengan cara menetralkan efek radikal bebas dan menurunkan tingkat stres oksidatif, yang dapat mencegah gejala eksim, psoriasis, dan rosacea.

2. Perawatan rambut

Komposisi mineral yang kaya dari biji ketumbar, selain protein dan lemak sehat, dapat membantu meningkatkan kekuatan dan pertumbuhan rambut, bila dikonsumsi atau dioleskan dalam salep obat atau pencuci rambut.

3. Mengobati diabetes

Serat makanan dalam biji ini dapat membantu Anda mengatur pelepasan insulin dan glukosa dalam tubuh sehingga jadi kabar baik bagi pasien diabetes.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Phytotherapy Research, ketumbar membantu menurunkan kadar glukosa serum pada uji coba tikus diabetes dan meningkatkan pelepasan insulin dari pankreas mereka.

Baca Juga: Hore! Berstandar Internasional, Tol Getaci Penghubung Jabar dan Jateng Mulai Dibangun Tahun ini

4. Membantu pencernaan

Serat makanan dan antioksidan yang tinggi pada biji ketumbar juga dapat mengoptimalkan pencernaan, meningkatkan penyerapan nutrisi, dan mencegah sembelit serta diare.

5. Meningkatkan kesehatan jantung

Biji ketumbar mengandung asam bermanfaat seperti asam linoleat, asam oleat, asam palmitat, asam stearat dan asam askorbat (vitamin C).

Senyawa ini efektif mengurangi kadar kolesterol jahat LDL dalam darah, menurut The Journal of Environmental Biology.

Sehingga dapat mencegah aterosklerosis (penyempitan dan pengerasan pembuluh darah arteri), serangan jantung, stroke, dan penyakit jantung koroner.

Lebih penting lagi, rempah ini juga dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL, yang berfungsi sebagai garis pertahanan pencegahan terhadap beberapa kondisi berbahaya.

6. Dapat digunakan untuk meningkatkan kesehatan tulang

Sebagai sumber kalsium yang kaya, biji ketumbar sangat bermanfaat bagi orang yang ingin melindungi tulang mereka. Kalsium dan mineral penting lainnya yang ditemukan dalam biji ketumbar dapat membantu pertumbuhan tulang dan meningkatkan daya tahan tulang.

Baca Juga: Begini Penjelasan Kapolresta Bandung Soal Dugaan Kasus Pencabulan Murid Oleh Guru di Ciparay

Ini tentu berpengaruh pula terhadap pencegahan dini osteoporosis. Menambahkan bahkan sejumlah kecil rempah ini ke dalam setiap makanan Anda, terbukti membantu menjaga tulang tetap sehat dan kuat selama bertahun-tahun yang akan datang.

7. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Tidak seperti banyak rempah-rempah, biji ketumbar miliki kandungan vitamin C cukup tinggi. Ini sangat penting sebagai stimulan untuk sistem kekebalan tubuh sehingga dapat meningkatkan pertahanan tubuh terhadap patogen dan infeksi asing, termasuk saat pandemi Covid-19.***

Editor: Indra Kurniawan

Sumber: Organic Facts


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x