Miliki Manfaat untuk Kesehatan, Ini Efek Sinar Matahari Bagi Tubuh

- 28 November 2021, 14:55 WIB
Ilustrasi sinar matahari
Ilustrasi sinar matahari /Pexels

PRFMNEWS - Efek sinar matahari bagi tubuh sangatlah beragam, salah satunya matahari sebagai sumber alami vitamin E bagi kesehatan kulit. Tetapi jika terpapar sinar matahari terlalu sering atau berlebihan akan menimbulkan masalah kesehatan.

Akan tetapi tidak menutup kemungkinan, sinar matahari pun terkadang dijauhi oleh beberapa orang karena sebuah alasan, mulai dari tidak ingin kepanasan, tidak ingin muncul flek hitam, dan wajah terlihat kusam, hingga penuaan dini karena terlalu sering terpapar sinar matahari.

Padahal hal tersebut tidak perlu untuk dijauhi sepenuhnya, karena efek sinar matahari pagi sangatlah bagus bagi tubuh. Terkecuali, jika kita terlalu sering beraktifitas di bawah terik matahari dalam jangka waktu yang panjang baru akan muncul efek buruk bagi tubuh.

Baca Juga: Arab Saudi Izinkan Penerbangan Langsung dari Indonesia, Tanpa Booster Cukup Karantina

Sebagaimana dilansir prfmnews.id dari berbagai sumber, ditinjau dari sisi medis, sinar matahari memiliki manfaat bagi kesehatan diantaranya:

Merangsang Produksi Vitamin D

Sinar ultraviolet (UV) yang terpancar dari sinar matahari dapat memproduksi pembentukan vitamin D yang merupakan nutrisi penting bagi kesehatan, serta membantu penyerapan kalsium dan menjaga kesehatan tulang. Vitamin ini juga dapat menjaga daya tahan tubuh tetap kuat dari virus, seperti infeksi dan virus corona.

Mendukung beberapa pengobatan penyakit

1. Prosiasis

Prosiasis merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh gangguan autoimun, penyakit ini biasanya membuat kulit menjadi bersisik, kering dan mudah mengelupas.

Baca Juga: 3 Kebiasaan yang Bisa Bikin otot jadi Kuat, Salahsatunya Sangat Mudah Dilakukan

Orang yang memiliki penyakit ini biasanya akan mudah berketombe dan mengalami gatal-gatal.

Untuk mencegah dan mengurangi gejala ini, dapat dilakukan dengan melakukan sinar uv atau berjemur.

2. Lupus Vulgaris

Penyakit ini biasanya disebut penyakit tuberkolosis kulit. Lupus vulgaris ini, biasanya menyebabkan borok pada kulit wajah dan leher. Untuk mengatasi atau mengobatinya biasanya dilakukan sinar ultraviolet B atau UVB.

Baca Juga: 3 Kebiasaan yang Bisa Bikin otot jadi Kuat, Salahsatunya Sangat Mudah Dilakukan

3. Penyakit Kuning Pada Bayi

Berjemur umumnya bukan hanya dilakukan oleh orang-orang dewasa, sinar matahari pun baik untuk anak-anak apalagi bayi yang terlahir kuning ini harus selalu berjemur di bawah sinar matahari selama 10-15 menit dan jangan lupa saat berjemur di bawah sinar matahari wajah anak ditutupi oleh topi atau penutup mata agar sinar matahari tidak terpancar langsung kepada mata.

Jangan lupa untuk selalu berjemur di pagi hari, saat masa pandemi ini kita harus tetap menjaga imun dan daya tahan tubuh agar terhindar dari virus covid-19 stay safe.***

Editor: Indra Kurniawan

Sumber: Beragam Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x