Bukan Jam 9 Malam, Inilah Waktu Terbaik untuk Tidur Agar Jantung Tetap Sehat

- 13 Desember 2021, 19:50 WIB
Ilustrasi tidur. Ini waktu yang terbaik untuk tidur
Ilustrasi tidur. Ini waktu yang terbaik untuk tidur /Pixabay/Ketniss12/


PRFMNEWS - Studi penelitian mengidentifikasi bahwa waktu tidur terbaik mempengaruhi turunnya risiko kesehatan jantung.

Karena sebenarnya, saat kita memiliki waktu tidur terbaik maka kesehatan pada jantung pun akan baik.

Tentu saja, kita tak selalu tidur tepat waktu, karena untuk mendapatkan tidur tepat waktu itu terkadang tak selalu dalam kendali kita.

Baca Juga: Kocak! Netizen Komentari Video Bocil Bangunkan Sang Ayah yang Tidur Pulas saat Rumahnya Kebanjiran

Tetapi kita semua harus mengetahui, bahwa baiknya tertidur antara pukul 10-11 malam. Tampaknya waktu itu tepat untuk sistem kardiovaskular yang sehat.

Menurut Psikolog University of Exeter yakni David Plans, ia mengatakan bahwa tubuh itu memiliki jam internal selama 24 jam (ritme sirkandian) yang membantu mengatur fungsi fisik dan mental.

"Meskipun kami tidak dapat menyimpulkan penyebab dari penelitian kami, hasilnya menunjukkan bahwa waktu tidur lebih awal atau lebih lambat mungkin lebih mungkin mengganggu jam tubuh, dengan konsekuensi buruk bagi kesehatan jantung." kata Plans, dikutip prfmnews.id dari Science Alert Senin, 13 Desember 2021.

Baca Juga: Coba Deh 4 Cara Ampuh Cegah ‘Muka Bantal’ Ini, Dijamin Wajah Bebas Kerutan Pas Bangun Tidur

Para peneliti menganalisa data akselerometer yang dikenakan di pergelangan tangan dari 88.026 peserta, data menunjukan sebanyak 3.172 termasuk kasus penyakit kardiovaskular, selama enam tahun peserta dilacak.

Tim menemukan bahwa tertidur setelah tengah malam atau sebelum pukul 10 malam, keduanya dikaitkan dengan sekitar 25 persen peningkatan risiko penyakit kardiovaskular, dibandingkan dengan tertidur antara pukul 10-11 malam. Peningkatan risiko ini turun menjadi 12 persen bagi mereka yang tertidur antara 11-12 malam.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x