Stop Melakukan Kebiasaan 'Kretek-kretek' Sekarang Juga, Efeknya Terasa di Kemudian Hari

- 12 Desember 2021, 15:46 WIB
Ayu Ting Ting di Kretek Pundaknya
Ayu Ting Ting di Kretek Pundaknya /

PRFMNEWS - Sejatinya kebiasaan orang-orang saat capek, pegal atau tidak nyaman terkadang membunyikan tulang atau sendi dengan bahasa populer saat ini, kretek kretek.

Bagi sebagian orang membunyikan tulang adalah hal biasa, hingga membuat siapa pun yang melakukan itu merasakan keringanan pada jari jemari atau pun tubuh setelah di streaching.

Tapi bagian sebagian orang, hal tersebut tak mereka lakukan. Karena dapat membuat pergeseran sendi, jika membunyikan tulang atau sendi.

Baca Juga: Aksi Relawan Evakuasi Kucing Terkubur Abu Vulkanik Semeru Dalam Tungku Kayu Ini Bikin Netizen Nangis

Melakukan pembunyian tulang sendi, bisa jadi sesuatu hal baik tapi juga buruk bagi tulang dan persendian.

Seperti dilansir prfmnews,id dari kanal YouTube VDVCHealth, Praktisi Kesehatan yakni Profesor Ari, mengatakan membunyikan tulang atau peregangan tulang ini sering dilakukan oleh anak muda. Hal ini merupakan suatu kebiasaan yang tidak baik.

"Biasanya membunyikan tulang atau sendi di pletokin ini dilakukan oleh anak muda, ini bukan sesuatu kebiasaan yang baik," kata dr. Ari, dikutip prfmnews.id dari kanal YouTube VDVCHealth Minggu, 12 Desember 2021.

Menurut Profesor Ari, hal tersebut berbeda jika kita melakukannya saat steching karena pergerakan itu memiliki tahapan. Walaupun terkadang saat itu dilakukan menimbulkan bunyi pada persendian.

"Tapi jika dipaksakan membunyikan tulang, maka lama-kelamaan terjadi pergeseran sendi, sehingga faktor tersebut menyebabkan pengapuran di kemudian hari," tambahnya.

Baca Juga: Diduga Rem Blong dan Tanjakan Curam, Mobil Terbalik di Dago Giri Lembang

Dengan demikian, saat merasakan pegal pada pergelangan, tubuh atau pun sendi, jika dipaksakan untuk membunyikan ini tidaklah baik.

Lain halnya, disaat melakukan strearching ada bunyi yang ditimbulkan dari persendian atau tulang itu tak masalah karena itu tak disengaja. Berbeda jika bunyi ditimbulkan secara sengaja.

Saat persendian, pergelangan, atau tubuh mengalami pegal dan butuh perlemasan pada otot - otot, gunakanlah krim penghangat atau jel penghangat untuk meringankan serta menghilangkan rasa tersebut.

Akan tetapi, jika kebiasaan membunyikan tulang tersebut masih dilakukan, maka pergeseran sendi dapat menyebabkan pengapuran di kemudian hari.***

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x