5 Efek Kulit Wajah Sering Terpapar Polusi Udara, Salah Satu Dampaknya Bikin Ngeri

- 30 November 2021, 19:30 WIB
Ilustrasi kulit manusia
Ilustrasi kulit manusia /backy3723/Pixabay

PRFMNEWS - Polusi udara seakan tak pernah lepas dan terikat di dalam kehidupan kita sehari-hari. Kulit merupakan bagian atau lapisan terluar dari tubuh manusia, bisa juga kita sebut perisai pelindung tubuh.

Kulit seringkali terpapar oleh asap rokok, asap pabrik, dan juga asap kendaraan yang menjadikan polusi udara menempel pada kulit dan mengakibatkan kulit tersumbat oleh kotoran.

Polusi udara dengan atmosfer tinggi pun merupakan titik yang membahayakan, bukan hanya berdampak pada kita manusia, akan tetapi tumbuhan dan hewan juga ikut tercemar.

Baca Juga: Meski Dikenal Ampuh Cerahkan Kulit Seketika, 9 Kosmetik Berbahan Merkuri Ini Berbahaya Menurut BPOM

Berikut beberapa efek yang terjadi pada kita jika terpapar polusi udara, sebagaimana dilansir prfmnews.id dari berbagai sumber diantaranya:

1. Rusaknya kolagen kulit

Kolagen berfungsi untuk memproduksi kelembaban dan kekenyalan yang membuat kulit jadi kencang. Jika kolagen kulit terpapar atau tersumbat oleh polusi udara atau kotoran, maka kulit akan memiliki efek kendur, keriput, dan kusam pada kulit terutama kulit wajah.

2. Timbulnya Jerawat

Akibat terpaparnya kulit wajah karena polusi udara, bisa juga menimbulkan jerawat pada wajah, karena pori-pori yang tersumbat oleh kotoran mengakibatkan iritasi pada kulit sampai pada timbulnya jerawat pada wajah.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x