Suami Juga Wajib Tahu! Ini 8 Tips Pendukung Agar Luka Operasi Caesar Istri Cepat Sembuh Sempurna

- 27 November 2021, 15:35 WIB
FOTO ilustrasi melahirkan bayi.* /PIXABAY/
FOTO ilustrasi melahirkan bayi.* /PIXABAY/ /

PRFMNEWS - Operasi caesar (sesar) menjadi salah satu metode melahirkan yang umumnya jadi pilihan kaum perempuan karena dinilai minim rasa sakit saat proses persalinan berlangsung.

Selain mengetahui persiapan apa saja yang perlu dilakukan sebelum jalani operasi caesar, pasangan suami istri juga wajib tahu tips agar luka bekas operasi caesar bisa cepat sembuh.

Ini lantaran peran suami sangat dibutuhkan pada beberapa momen saat istri jalani masa penyembuhan pascaoperasi caesar.

Baca Juga: Anders Antonsen Mengundurkan Diri dari Indonesia Open 2021, Ternyata Ini Alasannya

Melansir situs Medical News Today, berikut 8 tips pendukung agar luka operasi caesar bisa cepat sembuh dengan sempurna:

1. Istirahat yang cukup

Istirahat sangat penting untuk pemulihan pascaoperasi apapun. Namun, bagi perempuan yang menyandang predikat ibu baru, istirahat hampir tidak mungkin dilakukan dengan bayi yang perlu perhatian ekstra di rumah.

Bayi yang baru lahir cenderung punya jam tidur tidak teratur dan mungkin hanya tidur sekira 1 atau 2 jam setiap kalinya.

Sang ibu harus selalu mencoba ikut tidur ketika bayinya terlelap. Peran suami juga sangat penting di sini, yakni membantu menjaga sang bayi agar istri bisa miliki waktu tidur yang lebih cukup.

Selain itu, suami dan istri pun bisa saling berbagi kewajiban dalam mengurus rumah sesuai ketersediaan waktu yang dimiliki. Mengingat sebagai ibu rumah tangga, istri juga masih miliki tanggung jawab memasak, mencuci, membersihkan rumah, dan kegiatan lainnya.

 

2. Minta bantuan

Merawat bayi baru lahir setelah operasi caesar bisa sangat melelahkan, dan mungkin sebagai orang tua baru akan sulit menangani ini sendirian.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan

Sumber: Medical News Today


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x