Biaya Lahiran Metode Caesar ERACS Ditanggung BPJS? Ini Penjelasan Dokter

- 27 November 2021, 13:02 WIB
Anak Raffi Ahmad dan Nagita Slavina lahir dengan menggunakan metode caesar ERACS
Anak Raffi Ahmad dan Nagita Slavina lahir dengan menggunakan metode caesar ERACS /Kolase Instagram @raffinagita1717


PRFMNEWS – Metode melahirkan secara operasi caesar dengan Enhanced Recovery After Cesarean Section (ERACS) sedang jadi perbincangan publik.

Metode melahirkan ERACS ini dipilih Nagita Slavina saat proses melahirkan anak keduanya ‘Baby R’, pada Jumat, 26 November 2021 kemarin dan beritanya trending di berbagai media sosial.

Pantas saja, metode melahirkan ERACS ini langsung dipertanyakan publik lantaran mereka menduga proses persalinan dengan cara ini dinilai mahal.

Baca Juga: Tak Hanya Nagita Slavina, Artis Ini Melahirkan Anak Keempat dengan Tanggal Lahir Sama dengan ‘Baby R’

Seorang dokter spesialis kandungan dari Rumah Sakit Airlangga Jombang, Jawa Timur, dr. Rizal Fitni Abdullah, Sp.OG. coba menjawab pertanyaan publik soal kisaran harga proses melahirkan dengan metode ERACS.

Rizal menyebut, bahwa biaya melahirkan dengan metode ERACS mirip dengan operasi caesar konvensional. Ia pun mengaku bahwa metode ERACS sudah cukup lama digunakan di sejumlah rumah sakit besar Indonesia untuk bantu sang ibu melahirkan.

Bahkan menurut Rizal, biaya operasi caesar dengan metode ERACS bisa ditanggung BPJS dan relatif lebih murah.

Baca Juga: Begini Doa Syekh Muhammad Jaber untuk ‘Baby R’ Anak Kedua Raffi Ahmad dan Nagita Slavina

“Bagi pengguna BPJS baik itu KIS atau BPJS mandiri dari pihak BPJS-nya tidak mempermasalahkan kita mau pakai metode apapun selama biaya yang dikeluarkan tidak melebihi dari plafon yang diberikan oleh BPJS,” ujar Rizal dalam video di akun TikTok @rizalfitni.spog yang diunggah pada 23 November 2021.

“Dan sebenarnya dengan metode ERACS ini lebih meringankan kepada pasien karena lama rawat inapnya tidak selama pada operasi caesar konvensional, penggunaan obat-obatan juga lebih sedikit,” ucap Rizal melanjutkan.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah