Remaja Harus Jujur saat Skrining dan Perhatikan Kondisi Tubuh Sebelum Vaksinasi

- 3 Oktober 2021, 18:09 WIB
Ilustrasi vaksinasi Covid-19 untuk kalangan remaja
Ilustrasi vaksinasi Covid-19 untuk kalangan remaja /Dok Humas Bandung.

PRFMNEWS - Kepala UPT Puskesmas Pagarsih, Kota Bandung, dr Trisiana Irawati Membagikan tips bagi remaja usia 12-17 tahun yang hendak mengikuti vaksinasi Covid-19.

Trisiana menjelaskan, masyarakat termasuk usia remaja yang akan divaksin harus dalam keadaan sehat. Hal itu juga bisa diketahui saat saat proses skrining.

"Sehat secara jasmani dan rohani. Kalau sehat secara badan tentunya harus mempersiapkan tidur yang cukup (7-8jam), tidak capek atau tidak lelah minimal satu hari sebelumnya," ujarmua di sela kegiatan vaksinasi usia 12-17 tahun di SDN 023 Pajagalan, Kota Bandung, Sabtu 2 Oktober 2021.

Kemudian, saat bangun tidur di pagi harinya, dilanjutkan dengan membersihkan badan dan sarapan pagi. Pikiran juga harus tetap tenang terutama tidak terpengaruh hoaks yang beredar tentang vaksin.

Baca Juga: Penuntasan Covid-19 di Kota Bandung, Dewan: Perlu Pemutakhiran dan Integrasi Data Berkala

"Berdoa (agar tenang), saat menunggu giliran vaksin pun tidak usah banyak memikirkan hal yang tidak benar. Berita hoaks yang belum jelas sehingga membuat khawatir," kucap Trisiana.

Saat berada di lokasi vaksinasi, Trisiana mengimbau agar dapat mengikuti alur yang sudah disediakan serta sesi yang akan diikuti. Karena hal itu untuk mencegah kerumunan atau penumpukkan antrean peserta vaksinasi.

Terpenting, saat proses skrining, orang yang akan vaksin harus jujur terkait kondisinya. Seperti memiliki riwayat alergi, kelainan, penyakit darah, jantung, atau pun asma.

"Harus jujur bilang sama dokternya dari awal. Ketika dia sedang sakit misalkan batul, pilek, atau diare itu pun harus jujur. Sebaiknya komunikasi agar tidak menular, karena batuk pilek saat pandemi merupakan suspect Covid-19," ucapnya.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan

Sumber: Humas Bandung


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah