BMKG Sebut Ada Siklon Tropis Goni di Laut Cina Selatan, Apa Dampaknya ke Indonesia?

- 4 November 2020, 10:11 WIB
Ilustrasi Cuaca
Ilustrasi Cuaca /PRFM

PRFMNEWS - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan dalam beberapa hari ini di Laut Cina Selatan ada siklon tropis yang memengaruhi cuaca di Indonesia, tak terkecuali Jawa Barat.

Prakirawan BMKG Bandung, Yuni Yulianti mengatakan, siklon tropis yang dimaksud adalah Tropical Cyclone Goni. Dampaknya yaitu menurunnya curah hujan, meski sekarang Indonesia sudah memasuki musim hujan.

"Beberapa hari ini curah hujan berkurang karena ada pengaruh global dari Tropical Cyclone Goni di Laut Cina Selatan, jadi masa udara akan tertarik ke daerah siklon tersebut dan curahnya berkurang," ujar Yuni saat on air di Radio 107,5 PRFM News Channel, Rabu 4 November 2020.

Baca Juga: Kisah Sedih Siraru, Mati di Malam Hujan Karena Gagal Mencari Pasangan

Ia pun menyampaikan prediksi cuaca di Jawa Barat untuk hari ini, khusus wilayah Bandung Raya cuacanya cerah berawan hingga berawan pada pagi dan siang hari, kemudian berpeluang hujan pada siang menjelang sore dan malam hari, sedangkan dini hari berawan.

Adapun suhu udaranya berkisar antara 20,2-30,4 derajat celcius, kelembapan udara 50-94 persen, angin dari tenggara 5-19 kilometer per jam.

Sedangkan untuk Jawa Barat pada umumnya cerah berawan dan berawan pada pagi hari. Sementara pada siang dan sore hari ada potensi hujan di wilayah Bogor, Depok, Bekasi, Sukabumi, Cianjur, Karawang, Purwakarta, Subang, Bandung, Sumedang, Garut, Majalengka, Kuningan, Ciamis, Banjar, Pangandaran, dan Tasikmalaya.

Baca Juga: Pemprov Jabar Sudah Siapkan Langkah Antisipasi Bencana Hidrometeorologi Dampak La Nina

"Suhu udara di utara Jabar 23 hingga 34 celcius, kelembapan udara 55 hingga 95 persen, sedangkan di selatan suhunya 18 sampai 32 celcius, kelembapan udara 60 sampai 95 persen, angin dari selatan hingga timur laut berkecapatan 5 hingga 35 kilomter per jam," paparnya.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x