Siaga Bencana, Ridwan Kamil Surati Kepala Daerah di 27 Kabupaten Kota se-Jabar

- 10 Oktober 2020, 15:10 WIB
Gubenur Jabar Ridwan Kamil saat jumpa pers di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin 5 Oktober 2020.
Gubenur Jabar Ridwan Kamil saat jumpa pers di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin 5 Oktober 2020. /Dok Humas Jabar.

PRFMNEWS – Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil mengaku pihaknya telah mengirimkan surat edaran (SE) kepada kepala daerah di 27 kabupaten/kota di Jabar. Surat tersebut berisi tentang antisipasi bencana di musim hujan.

Pria yang akrab disapa Emil ini mengatakan bencana di Jawa Barat didominasi oleh bencana hidrologis.

“Di kami kebencanaan ini 60 persen adalah hidrologis. Hidrologisnya terbagi dua untuk yang dari Jabar tengah ke utara bentuknya banjir, dan tengah ke selatan bentuknya longsor. Karena Jabar secara geografis tengah ke utara dan tengah ke selatan lahan-lahan miring,” ucapnya dalam siaran pers, Sabtu 10 Oktober 2020.

Baca Juga: Jadwal Liga Inggris Pekan Kelima yang Digelar Minggu Depan: Man City vs Arsenal, Liverpool, dan MU

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi Jawa Barat menerapkan Siaga 1 Bencana sejak Semptember 2020. Penerapan tersebut merupakan langkah antisipatif Jabar saat memasuki musim hujan.

Hal itu dikatakan Gubernur Jabar Ridwan Kamil dalam rapat bersama Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan soal antisipasi dampak bencana di musim hujan terhadap kenaikan kasus Covid-19 via konferensi video di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Jumat 9 Oktober 2020.

“Sudah sebulan lalu saya (Jabar) Siaga Satu karena ternyata September sudah hadir hujan. Dan kami ada kejadian kebencanaan di Cianjur dan Sukabumi,” kata pria yang akrab disapa Emil ini.

Baca Juga: 46 Halte TransJakarta Rusak Pascademo, Anies Akui Bakal Bangun Kembali Halte Secara Bertahap

Menurut Emil, Pemprov Jabar pun menyiapkan cetak biru Jabar sebagai provinsi berbudaya tangguh bencana (resilience culture province). Budaya Tangguh Bencana Jabar ini akan ditanamkan kepada seluruh warga melalui pendidikan sekolah sejak dini hingga pelatihan.

Halaman:

Editor: Rifki


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x