Alun-alun Mirip Istana Negara IKN Jadi Kado Ridwan Kamil untuk Kabupaten Bekasi

- 15 Agustus 2023, 20:30 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan Alun-alun Setu Ajarwana di Desa Tamansari, Kecamatan Setu, Kabupaten Bekasi, Selasa 15 Agustus 2023.
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan Alun-alun Setu Ajarwana di Desa Tamansari, Kecamatan Setu, Kabupaten Bekasi, Selasa 15 Agustus 2023. /Pemkab Bekasi/

PRFMNEWS - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan Alun-alun Setu Ajarwana di Desa Tamansari, Kecamatan Setu, Kabupaten Bekasi, Selasa 15 Agustus 2023 pagi.

Ridwan Kamil menyebut Alun-alun Setu Ajarwana sebagai hadiah Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Kabupaten Bekasi, sekaligus kenangan manis untuk masyarakat di wilayah tersebut diakhir masa jabatannya sebagai gubernur Jabar.

Desain Alun-alun Setu Ajarwana, kata Ridwan Kamil, dibuat mirip dengan Istana Negara di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara namun dalam bentuk versi lokal Kabupaten Bekasi.

Baca Juga: Permudah Akses ke Stasiun LRT Jabodebek, Bus Feeder Bekasi akan Layani Rute dari Cikarang hingga Tambun

“Saking sayangnya gubernur Jawa Barat kepada masyarakat Kabupaten Bekasi, Alun-alun ini hampir mirip dengan Istana Negara di IKN versi kearifan lokalnya, makanya harus dijaga dan dirawat dengan baik,” ucap Ridwan Kamil.

Nama alun-alun baru di Kabupaten Bekasi itu juga dinamai langsung oleh Ridwan Kamil. Semula namanya adalah Alun-Alun Edu Forest menjadi Alun-alun Setu Ajarwana sehingga lebih melekatkan identitas daerah.

“Forest itu bahasa Sundanya Wana dan Edu-nya itu Ajar (pengajaran), kenapa Wana karena di sekelilingnya banyak hutan sekitar empat hektar yang tidak boleh diapa-apain, biarkan jadi paru-paru bagi Kabupaten Bekasi. Satu hektarnya lagi khusus untuk ruang publik manusianya, jadi bisa digunakan untuk pesta rakyat atau konser musik dan segala aktivitas masyarakat lainnya,” jelasnya.

Baca Juga: Ridwan Kamil Pamit ke Warga Sumedang Saat Peresmian Menara Kujang Sapasang

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x