Proyek Tol Baru Bandung-Pangandaran, Ridwan Kamil Ungkap Progres Saat Ini

- 16 Juli 2023, 06:58 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil /Humas Jabar

PRFMNEWS - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyatakan pemerintah pusat sudah merencanakan proyek pembangunan jalan tol baru penghubung Bandung, Garut, Tasikmalaya, Ciamis sampai Pangandaran.

Ridwan Kamil menyatakan, proyek jalan tol baru itu yang merupakan bagian dari pembangunan Tol Cigatas (Cileunyi-Garut-Tasikmalaya) atau disebut pula Tol Getaci (Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap) kini tengah masuk tahap pembebasan lahan di Kabupaten Garut.

Ridwan Kamil memperkirakan pembangunan jalan tol baru dari Bandung, Garut, Tasikmalaya, Ciamis dan Pangandaran, Jawa Barat hingga nantinya bisa tembus ke Cilacap, Jawa Tengah ini butuh waktu lama.

Baca Juga: Update Pembangunan Tol Getaci, Bupati Rudy: Garut akan Punya 2 Gerbang Tol

Menurut Gubernur, dinamika sosial di lapangan berupa proses pembebasan lahan menjadi tantangan tersendiri yang menyebabkan pembangunan calon jalan tol terpanjang di Indonesia itu butuh waktu tak sebentar.

"Per hari ini masih (pembebasan), (Jalan Tol) Cisumdawu saja butuh 12 tahun, yang lama itu pembebasan lahan," kata Ridwan Kamil, dikutip dari ANTARA, Sabtu 15 Juli 2023.

"Di negeri ini yang lama bukan mengaspal jalan, dinamika sosial dalam pembebasan (lahan)," imbuhnya.

Baca Juga: Perkiraan Tarif Jalan Tol Cisumdawu Ruas Cimalaka - Ujung Jaya Utama

Meski begitu, Kang Emil menekankan, sudah menjadi tanggung jawab pemerintah terutama kepala daerah untuk bisa mengatasi dinamika sosial agar proses pembebasan lahan bisa berjalan lancar.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x