Kata Ridwan Kamil, Masa Depan Jabar Ada di Ujung Pintu Tol Cisumdawu

- 12 Juli 2023, 18:20 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil mendampingi Presiden Jokowi resmikan operasional Tol Cisumdawu di Cisumdawu Twin Tunnel KM 169/200, Sumedang, Selasa 11 Juli 2023. Dengan beroperasinya Tol Cisumdawu secara penuh akan mempermudah konektivitas ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati.
Gubernur Jabar Ridwan Kamil mendampingi Presiden Jokowi resmikan operasional Tol Cisumdawu di Cisumdawu Twin Tunnel KM 169/200, Sumedang, Selasa 11 Juli 2023. Dengan beroperasinya Tol Cisumdawu secara penuh akan mempermudah konektivitas ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati. /Rizal FS/Biro Adpim Jabar

PRFMNEWS - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan keberadaan Jalan Tol Cisumdawu yang telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan semakin meningkatkan perekonomian di Jabar.

Ridwan Kamil bahkan optimistis jika masa depan Jabar yang dirancang di kawasan Rebana sebagai zona industri dan perkotaan metropolitan baru di Jawa Barat akan makin terbuka dengan kehadiran infrastruktur besar termasuk Tol Cisumdawu.

"Tol Cisumdawu ini pintu ke Rebana, masa depan Jawa Barat ada di ujung pintu tol Cisumdawu yaitu lahirnya 13 pusat pertumbuhan baru," kata Ridwan Kamil, Selasa 11 Juli 2023.

Baca Juga: Presiden Jokowi Sebut Erick Thohir Bawa Perubahan Total di Tubuh PSSI

Ridwan Kamil menyebut, kehadiran Tol Cisumdawu melengkapi infrastruktur besar lain yang sudah terbangun lebih dulu, yakni Pelabuhan Patimban Subang, Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati Majalengka, dan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali).

"Dari Bandung ke Sumedang biasa dua jam sekarang 30 menit, kalikan dengan jutaan kegiatan ekonomi, bayangkan berapa banyak pertumbuhan dan aktivitas positif yang akan hadir," ucap Ridwan Kamil.

Menurut Kang Emil, Presiden Jokowi juga sudah berkomitmen akan membantu mengembangkan kawasan Rebana yang meliputi tujuh daerah, yakni Kabupaten Sumedang, Majalengka, Cirebon, Subang, Indramayu, Kuningan, dan Kota Cirebon.

Baca Juga: Jokowi Beberkan Sejumlah Perbaikan di Si Jalak Harupat Bandung Jelang Piala Dunia U-17 2023

Komitmen tersebut merupakan turunan dari lahirnya Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2021 tentang Percepatan Pembangunan Kawasan Rebana dan Jawa Barat Bagian Selatan.

Kawasan Rebana Metropolitan diproyeksikan sebagai motor penggerak pertumbuhan ekonomi Jabar di masa depan melalui pengembangan kawasan industri yang terintegrasi, inovatif, kolaboratif, berdaya saing tinggi, serta berkelanjutan.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x