Diungkap Ridwan Kamil, Ternyata ini 2 Masalah Utama yang Bikin Tol Cisumdawu Dibangun Hingga 12 Tahun

- 12 Juli 2023, 09:20 WIB
Tol Cisumdawu.
Tol Cisumdawu. /Tangkapan Layar Instagram @pupr_bpjt

PRFMNEWS – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengungkapkan dua masalah utama yang menjadi kendala atau penghambat pembangunan proyek Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu).

Ridwan Kamil membeberkan dua kendala utama pembangunan Tol Cisumdawu usai peresmian jalan bebas hambatan penghubung Bandung-Majalengka itu oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) Selasa, 11 Juli 2023.

Dua kendala utama pembangunan Tol Cisumdawu ini, kata Ridwan Kamil, membuat pengerjaan jalan tol terindah di Indonesia itu rampung lebih lama hingga sekira 12 tahun sejak mulai dibangun tahun 2011.

Baca Juga: Bocoran Jokowi Soal Kendala Pembangunan Tol Cisumdawu yang Molor 12 Tahun

“12 TAHUN MENUNGGU HARI INI, Akhirnya Tol Cisumdawu selesai juga dan bisa diresmikan Presiden Jokowi,” tulis Ridwan Kamil dalam unggahan di akun Instagram-nya, Selasa 11 Juli 2023.

Kemudian Ridwan Kamil menguraikan masalah utama yang membuat kenapa pembangunan Tol Cisumdawu terbilang lama selesai melalui keterangan tertulis di unggahannya itu.

Kendala pertama pembangunan Tol Cisumdawu, ujar Ridwan Kamil, yakni terkait pembebasan tanah di sepanjang lintasan jalan tol tersebut.

Hambatan kedua, lanjut Kang Emil, diakibatkan kondisi tanah di beberapa titik lintasan Tol Cisumdawu yang tinggi kandungan air sehingga butuh treatment khusus sebelum dibangun.

Baca Juga: Tol Cisumdawu Akhirnya Diresmikan, Presiden Jokowi Ungkap Pembebasan Lahan Sempat Jadi Kendala

“Lama, karena pembebasan lahan yang pelik dan struktur tanah yang gembyor banyak airnya, membuat penyelesaian banyak kendala. Namun akhirnya, semua indah pada waktunya,” jelasnya.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x