Ridwan Kamil Minta Perusahaan Real Estate Fokus Penerapan Struktur Bangunan Tahan Gempa

- 12 Februari 2023, 11:00 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil /Diskominfo Jawa Barat


PRFMNEWS - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil meminta para perusahaan real estate dapat lebih fokus menerapkan struktur bangunan tahan gempa.

Khususnya lagi bagi bangunan-bangunan tinggi di atas satu lantai yang rawan guncangan gempa.

Hal ini diungkapkannya agar Jawa Barat bisa belajar dari dampak kerusakan parah kejadian Gempa Cianjur pada November 2022 dan Gempa Turki yang terjadi pada 6 Februari 2023 lalu.

Baca Juga: 17 Warga Jabar Mengungsi Akibat Gempa Turki, Ridwan Kamil Video Call Sampaikan Sejumlah Hal

"Agar di masa depan kalau REI membangun khususnya bangunan tinggi harus memiliki struktur yang tahan gempa," kata Ridwan dalam syukuran HUT ke-51 REI, di Buana Kassiti Building Kota Bandung, Sabtu 11 Februari 2023.

Menurutnya, banyak pelajaran penting yang bisa diambil dari peristiwa gempa di Cianjur dan Turki. Diketahui pada musibah gempa di Turki banyak bangunan tinggi hancur karena tidak memiliki struktur tahan gempa.

Baca Juga: Perhatikan Hal ini Saat Bangun Rumah Agar Tahan Gempa, Disampaikan BNPB

"Kalau di Cianjur kan bangunan satu lantai tapi kalau di Turki lebih parah bangunan tinggi dan sebagainya, itu banyak yang tidak tahan gempa, mohon jadikan pelajaran," tuturnya.

Di samping itu Pemda Provinsi Jabar juga akan lebih mengetatkan regulasi yang mewajibkan bangunan tahan gempa. Kang Emil akan mengecek kabupaten/kota di Jabar yang belum memiliki aturan yang mewajibkan bangunan dengan struktur tahan gempa.

Baca Juga: Sebelum Lebaran 2023, Korban Gempa Cianjur Ditargetkan Sudah Tempati Rumah Baru yang Tahan Gempa

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x