Sebelum Lebaran 2023, Korban Gempa Cianjur Ditargetkan Sudah Tempati Rumah Baru yang Tahan Gempa

- 5 Desember 2022, 16:20 WIB
Warga berdiri di depan rumahnya yang rusak akibat gempa di Desa Cibeureum, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Senin, 21 November 2022.
Warga berdiri di depan rumahnya yang rusak akibat gempa di Desa Cibeureum, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Senin, 21 November 2022. /Antara/Yulius Satria Wijaya/

PRFMNEWS - Kementerian PUPR menargetkan pembangunan rumah tahan gempa untuk warga korban bencana gempa Cianjur bisa selesai sebelum Lebaran 2023.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono mengatakan, pemerintah saat ini sudah mulai membangun 200 rumah tahan gempa di Kecamatan Cilaku, Kabupaten Cianjur.

Kementerian PUPR sudah menyiapkan lahan untuk relokasi di dua tempat yakni seluas 2,5 hektare di Cilaku dan seluas 30 hektare di Mande, Cianjur.

Baca Juga: Presiden Jokowi Tinjau Pembangunan Rumah Tahan Gempa di Cilaku Cianjur

"Semua akan kami selesaikan sebelum Lebaran tahun depan, sehingga ketika Lebaran pada April 2023 mereka sudah bisa menempati rumah yang baru," kata Basuki dikutip dari ANTARA, Senin 5 Desember 202.

Pembangunan rumah baru diperuntukkan bagi korban gempa yang rumahnya mengalami kerusakan berat, runtuh, atau terpaksa direlokasi.

"Untuk rumah-rumah yang rusak berat bisa dibangun kembali di tanahnya atau harus direlokasi karena berada di wilayah bahaya sesar gempa. Berdasarkan rekomendasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) serta Badan Geologi harus direlokasi," jelasnya.

Baca Juga: Relokasi Rumah Terdampak Gempa Cianjur Dimulai Hari ini

Baca Juga: Hewan Ternak Turut Dievakuasi Akibat Erupsi Gunung Semeru

Halaman:

Editor: Rizky Perdana

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x