Wabup Garut Resmikan Diklatsar Manajemen Kebencanaan Nasional

- 15 Januari 2023, 08:28 WIB
Wabup Garut Resmikan Diklatsar Manajemen Kebencanaan Nasional
Wabup Garut Resmikan Diklatsar Manajemen Kebencanaan Nasional /HUMAS GARUT


PRFMNEWS - Wakil Bupati Garut, dr. Helmi Budiman secara resmi membuka Pendidikan dan Latihan Dasar (Diklatsar) Manajemen Kebencanaan Nasional oleh Badan Nasional (BN) Syarikat Islam Tanggap Bencana (SIGAP).

Peresmian itu dilakukan di Bumi Perkemahan Cibeureum, Samarang, Kabupaten Garut pada Jumat, 13 Januari 2023.

Helmi berharap, dengan adanya SIGAP di Kabupaten Garut dapat memperkuat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut dalam hal penanggulangan bencana.

Baca Juga: Kini, Pencari Kerja di Garut Bisa Berburu Loker Lewat Aplikasi Gentra Karya atau Job Fair di Pendopo

"BPBD ini adalah kita pemerintah tentu harus disokong oleh masyarakat, nah masyarakat ini berupa relawan-relawan, jadi kita punya banyak relawan-relawan ini yang ternyata kemarin kita alhamdulilah ya ketika bencana itu saya kumpulin relawan semua ada lebih dari pada 500 waktu kemarin itu setiap hari ngumpul gitu kan,” ucap Helmi dikutip prfmnews.id dari laman garutkab.go.id pada Minggu, 15 Januari 2023.

Dirinya mengatakan, jika dibandingkan dengan bencana banjir bandang lalu, maka kebutuhan relawan di Kabupaten Garut tidak akan cukup.

Ia menuturkan, bahwa pihaknya harus memperbanyak lagi relawan dari sisi kewilayahan jika nantinya terjadi bencana kembali di Kabupaten Garut.

Baca Juga: Lumbung Pangan Masyarakat di Garut Selatan Diresmikan Pemerintah

SIGAP diharapkan dapat memperkuat Kabupaten Garut khususnya sebagai kabupaten yang paling siap menghadapi bencana.

"SIGAP ini kan kemarin aja kita baru dibentuk, baru ketika Cimanuk (banjir) yang kedua, itu relawan SIGAP sudah bergerak lebih dari kemarin, pertama aja kita kirim lebih dari 25 membantu BPBD di bawah komando BPBD,” lanjutnya.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x