Cegah Longsor Susulan, BPBD Sumedang Pasang Terpal di Cadas Pangeran

- 31 Oktober 2022, 10:00 WIB
Petugas dari BPBD Sumedang pasang terpal untuk cegah longsor susulan di Cadas Pangeran, Kabupaten Sumedang.
Petugas dari BPBD Sumedang pasang terpal untuk cegah longsor susulan di Cadas Pangeran, Kabupaten Sumedang. /BPBD Kabupaten Sumedang

PRFMNEWS - Titik longsoran di Cadas Pangeran, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, ditutupi terpal oleh petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumedang.

Pemasangan terpal tersebut dilakukan pada Minggu, 30 Oktober 2022 sebagai upaya antisipasi terjadinya longsor susulan.

Hal tersebut disampaikan Kasi Pencegahan dan Kesigapan BPBD Sumedang, Adang yang mengatakan bahwa pemasangan terpal ini untuk mencegah air hujan yang langsung masuk ke tebing longsoran sehingga diharapkan bisa mencegah terjadinya longsor susulan.

Baca Juga: FOTO-FOTO Mobil Ringsek Parah Usai Tertimpa Longsor Batu Besar di Cadas Pangeran

"Terpal dipasang untuk menutup tanah bekas longsoran supaya air hujan tidak masuk ke tebing secara langsung dan itu bisa mengakibatkan longsor susulan," kata Adang dikutip prfmnews.id dari laman resmi Pemkab Sumedang hari ini Senin, 31 Oktober 2022.

Selain pemasangan terpal, Satker Pelaksanaan Jalan Nasional IV Wilayah Jawa Barat melalui Pejabat Pembuat Komitmen 4.2 Anto menyebutkan di jalan atas Cadas Pangeran akan dibuat drainase baru.

"Saluran air baru dibuat di jalan atas Cadas panegran supaya air tidak masuk atau rembes ke tebing," katanya.

Baca Juga: Dua Mobil Rusak Parah Tertimpa Longsoran Batu di Cadas Pangeran Sumedang

Diketahui sebelumnya, longsor terjadi di Jalan Raya Cadas Pangeran, Desa Ciherang, Sumedang, pada Sabtu 29 Oktober 2022, yang mengakibatkan 7 korban luka-luka. Sebanyak 2 korban di antaranya harus dilarikan ke rumah sakit.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x