Pemuda ini Raih Kesuksesan jadi Petani Jamur Tiram di Kampung Halaman, Usai Tinggalkan Pekerjaan di Jakarta

- 14 November 2022, 11:30 WIB
Sejumlah petani milenial ikut memamerkan produk unggulannya di Pasar Pasisian Leuweung Tahura Juanda yang digelar di Desa Ciburial, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, Minggu (12/11/2022).
Sejumlah petani milenial ikut memamerkan produk unggulannya di Pasar Pasisian Leuweung Tahura Juanda yang digelar di Desa Ciburial, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, Minggu (12/11/2022). /Adpim Jabar/

PRFMNEWS - Program petani milenial yang digagas oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) nampaknya membuat keuntungan bagi banyak orang, khususnya bagi petani.

Hal ini terbukti dengan banyaknya petani milenial yang memasarkan produk unggulannya di Pasar Pasisian Leuweung Tahura Juanda, yang digelar di Desa Ciburial, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, pada Minggu 13 November 2022.

Salah satu peserta program petani milenial yang berpartisipasi di Pasar Pasisian Leuweung Tahura adalah Opik, ia ikut serta memamerkan produknya berupa jamur tiram.

Opik yang merupakan petani milenial ini awalnya merupakan seorang karyawan dengan gaji Rp10-12 juta per bulan di Jakarta.

Baca Juga: Resmikan Kick-Off Program Petani Milenial, Ridwan Kamil: Untuk Mengurangi Pengangguran

Namun karena di kampungnya di Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, orang tuanya tidak memiliki pekerjaan tetap, sehingga Opik memutuskan pulang dan memulai merintis usaha bersama keluarga.

"Saya kirim uang ke orang tua, tapi (uangnya) habis terus. Sehingga saya memutuskan untuk pulang kampung membuka usaha bersama keluarga, sehingga semuanya terlibat," ujar Opik, seperti yang dikutip prfmnews.id dari Laman Resmi Pemprov Jabar, pada Senin 14 November 2022.

Pria yang tidak memiliki basic sebagai petani ini mengaku sebelum membudidayakan jamur tiram dirinya melakukan survei terlebih dahulu.

Baca Juga: Sektor Pertanian di Jawa Barat Menjanjikan Jadi Alasan Pemprov Gagas Program 1.000 Petani Milenial

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x