Tiga Skenario yang Disiapkan Polda Jabar untuk Urai Macet saat Mudik Lebaran Tahun Ini

- 23 April 2022, 21:32 WIB
Dirlantas Polda Jabar Kombes Pol Romin Thaib paparkan tiga skenario urai macet mudik Lebaran 2022.
Dirlantas Polda Jabar Kombes Pol Romin Thaib paparkan tiga skenario urai macet mudik Lebaran 2022. /TOMMY RIYADI/PRFMNEWS

PRFMNEWS - Direktorat Lalu Lintas Polda Jawa Barat (Polda Jabar) menyiapkan tiga skenario untuk mengurai kemacetan yang diprediksi terjadi pada arus mudik Lebaran tahun 2022 ini.

Direktur Lalu Lintas Polda Jawa Barat (Dirlantas Polda Jabar) Kombes Pol Romin Thaib mengatakan, tiga skenario ini akan diterapkan dilakukan karena Gerbang Tol Cileunyi termasuk jalur yang ramai dilalui pemudik menuju jalur selatan.

"Semua tempat kita lakukan alternatif-alternatif, itulah strategi kita untuk membuat arus mudik ini berjalan lancar, makanya kita harap masyarakat berpartisipasi," ujarnya saat ditemui di Kantor Jasa Marga di Kota Bandung pada hari ini Sabtu, 23 April 2022 siang.

Skenario pertama, Polda Jabar telah berkoordinasi dengan Jasa Marga untuk menambah pemindah kartu (card reader) untuk mempercepat pemudik keluar pintu tol menggunakan kartu e-toll.

Baca Juga: China Menyerukan Komunitas Internasioanl Harus Satu Suara Sikapi tindakan Israel terhadap Palestina

"Itu perlu ditambah supaya nanti petugas jemput bola, termasuk kita memperkuat gerbang satelitnya," ucap Kombes Pol Romin Thaib.

Skenario kedua, petugas kepolisian menurut bakal mengarahkan kendaraan untuk meneruskan perjalanan ke Tol Cisumdawu. Nantinya pemudik yang akan bertujuan ke jalur selatan bisa keluar di Gerbang Tol Jatinangor.

"Setelah keluar di Jatinangor, pemudik bisa menyesuaikan untuk berjalan ke arah mananya," katanya.

Skenarion ketiga, Polda Jabar juga bakal mengatur kendaraan untuk keluar di Gerbang Tol Gedebage jika antrean kendaraan di Gerbang Tol Cileunyi sudah panjang.

Kombes Pol Romin Thaib mengimbau kepada masyarakat untuk mencari terlebih dahulu informasi jalur yang akan dilalui. Karena, kata dia, sekarang informasi itu sudah mudah didapatkan dengan melihat aplikasi Google Maps atau sejenisnya.

Baca Juga: Hindari Makanan Ini saat Mudik Lebaran Demi Keselamatan Perjalanan

"Jadi mulai sekarang masyarakat juga kita anggap sebagai subjek, bukan objek lagi pada mudik ini, masyarakat perlu berpartisipasi memilih waktu mudik yang tepat untuk menghindari kemacetan," katanya.

Saat ini Gerbang Tol Cileunyi mengalami penyempitan lajur setelah adanya pembangunan Tol Cisumdawu.

Sebelumnya Gerbang Tol Cileunyi merupakan gerbang ujung pada Jalur Tol Purbaleunyi, tetapi kini lajurnya berkurang karena adanya lajur terusan ke Tol Cisumdawu.***

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah