Begini Cara Pemprov Jabar Dorong Warga Agar Mudik Duluan

- 23 April 2022, 19:35 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi (kiri) bersama Menko PMK Muhajdir Effendy (tengah) serta Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum (kanan) tinjau kesiapan mudik Lebaran di Tol Pasteur, Kota Bandung, Sabtu 23 April 2022
Menhub Budi Karya Sumadi (kiri) bersama Menko PMK Muhajdir Effendy (tengah) serta Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum (kanan) tinjau kesiapan mudik Lebaran di Tol Pasteur, Kota Bandung, Sabtu 23 April 2022 /PRFMNEWS/TOMMY RIYADI

PRFMNEWS - Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) punya cara untuk mendorong warganya agar melakukan mudik duluan ketimbang ketika hari-hari mendekati Lebaran tahun 2022 ini.

Wakil Gubernur Jawa Barat (Wagub Jabar) Uu Ruzhanul Ulum mengungkapkan bahwa Pemprov Jabar sudah melakukan sejumlah upaya untuk dapat mempercepat masyarakat melakukan mudik dini demi mengurangi mobilitas ketika Idul Fitri.

Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum mengatakan, salah satu yang diupayakan yakni dengan cara mendorong para pengusaha membayarkan tunjangan hari raya (THR) lebih cepat.

"Termasuk di dalamnya adalah untuk mempercepat mudik masyarakat dengan kemarin saya bertemu dengan beberapa pengusaha untuk segera memberikan THR lebih awal karena kalau THR lebih awal diberikan maka mereka juga akan pulang lebih awal. Karena memang Jabar buruhnya banyak banyak dan pabriknya sangat banyak," ujarnya saat ditemui di Kantor Jasa Marga, Pasteur, Kota Bandung pada hari ini Sabtu, 23 April 2022.

Baca Juga: Tetap Berlaku Saat Mudik, Berikut Pelanggaran di Jalan Tol yang Akan Kena Tilang ETLE

Upaya lain yang dilakukan Pemprov Jabar yakni dengan meliburkan jutaan santri di Jabar sejak tanggal 15 Ramadhan 1443 Hijriah.

Hal itu dilakukan Pemprov Jabar agar para santri dapat segera pulang ke daerah asalnya masing-masing tanpa harus menunggu puncak arus mudik pada Lebaran tahun ini.

"Kedua, juga para santri saya mengimbau tanggal 15 ramadan kemarin untuk segera diliburkan karena memang Jabar 15 ribu pondok pesantren dan 4,8 juta santri yang ada di Jabar," kata Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum.

Sebelumnya, Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum berkunjung ke Plaza Tol Pasteur mewakili Gubenur Jabar mendampingi Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x