Jabar Salurkan Bantuan Rp1,5 Miliar untuk Korban Banjir Bandang Kota Sukabumi

- 19 Februari 2022, 13:01 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil meninjau kondisi rumah warga korban banjir bandang Kota Sukabumi, Sabtu 19 Februari 2022.
Gubernur Jabar Ridwan Kamil meninjau kondisi rumah warga korban banjir bandang Kota Sukabumi, Sabtu 19 Februari 2022. /HUMAS JABAR

PRFMNEWS - Pemerintah Provinsi Jawa Barat menyalurkan bantuan Rp1,5 miliar untuk korban bencana banjir di Kampung Tugu Kelurahan Jaya Raksa, Kecamatan Baros, Kota Sukabumi.

Pemda Provinsi Jabar menyalurkan bantuan Rp1,5 miliar untuk merehabilitasi rumah warga, dan Rp500 juta dari dana umat.

"Nantinya buat rehabilitasi pembangunan sedang dihitung dulu oleh aparat terkait setempat. Bantuan dari Pemda Prov Jabar Rp1,5 miliar ditambah Rp500 juta dari zakat-zakat orang baik yang menitipkan ke saya jadi total Rp2 miliar," ujar Gubernur Jabar, Ridwan Kamil saat mengecek kondisi rumah warga, Sabtu 19 Februari 2022.

Baca Juga: Mira Cumil Unggah Video Banjir Deras bak Air Terjun yang Hampir Rendam Rumah di Padasuka Cimahi

Ia meminta Kapolda Jabar Irjen Pol Suntana dan Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi agar merespons bencana ini dengan melakukan tindakan tanggap darurat mengangkat material oleh alat-alat berat yang melanda rumah warga.

"Ternyata ada banyak sekali rumah yang rusak berat, tanggap darurat saya titipkan kepada Pak Wali dengan tim dibantu TNI/Polri hari ini dan insyaallah besok beres dengan tim yang Pak Kapolda akan kerahkan," ucapnya.

Baca Juga: Hujan Lebat, Jalan Sangkuriang-Puri Cipageran Cimahi Tak Bisa Dilewati karena Banjir

Sebelumnya, hujan sekitar empat jam mengguyur Kota Sukabumi, Kamis 17 Februari sore hingga malam. Bencana akibat cuaca ekstrem ini mengakibatkan ratusan rumah, fasilitas umum, dan fasilitas sosial serta sejumlah ruas jalan terendam banjir. Bahkan dilaporkan satu orang meninggal dunia dan satu orang mengalami luka.

Menanggapi cuaca ekstrem yang melanda sebagian wilayah di Jabar. Kang Emil meminta warga Jabar untuk waspada siaga satu, karena menurut perkiraan BMKG musim penghujan akan berlangsung hingga akhir Maret.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah