Masuk Pasar Pakai Peduli Lindungi, Dewan: Aplikasi itu Tidak Melindungi

- 4 Oktober 2021, 20:51 WIB
Ilustrasi warga menggunakan aplikasi Peduli Lindungi
Ilustrasi warga menggunakan aplikasi Peduli Lindungi /ANTARA/Feny Selly


PRFMNEWS - Pemerintah berencana mewajibkan pengunjung menggunakan aplikasi Peduli Lindungi saat akan masuk ke pasar tradisional.

Sekretaris Komisi 2 DPRD Jabar, R Yunandar Rukhiadi Eka menilai rencana ini masih perlu dikaji ulang. Ia mempertanyakan konsistensi dari pengelola pasar terkait penggunaan aplikasi bagi setiap pengunjung.

Sebab dari pengalamannya datang ke beberapa pasar modern, ia menemukan ada beberapa yang bahkan tidak menggunakan aplikasi Peduli Lindungi, padahal QR code tempat scan aplikasinya tertera.

Baca Juga: Oded Sebut Masuk Pasar akan Pakai Aplikasi Peduli Lindungi

"Pengalaman saya di beberapa pasar modern itu tidak diterapkan 100 persen, mungkin bisa jadi petugas kelelahan, masyarakat belum terlalu disiplin," ujar Yunandar saat on air di Radio 107,5 PRFM News Channel, Senin 4 Oktober 2021.

Terlebih lagi jika diterapkan di pasar tradisional, ia tidak yakin penerapannya akan efektif, karena di pasar modern saja tidak konsisten.

"Apalagi di pasal tradisional, jadi harus evaluasi betul bagaiamana efektivitasnya," tuturnya.

Baca Juga: Peduli Lindungi akan Dipakai untuk Masuk Pasar, Termasuk di Bandung

Selain itu, aplikasi Peduli Lindungi menurutnya tidak serta merta melindungi penggunanya.

Pasalnya, hal yang melindungi dari penularan Covid bukan pemanfaat aplikasi, tapi kembali lagi ke masyarakat yang harus disiplin protokol kesehatan dan percepatan vaksinasi oleh pemerintah.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x